Jelang Hari Raya Idul Fitri, Cek Harga dan Stok Kebutuhan Pokok Terkini

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Cek Harga dan Stok Kebutuhan Pokok Terkini

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali menegaskan, harga barang kebutuhan pokok (bapok) stabil--

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) memastikan bahwa ketersediaan stok dan pasokan pangan dalam kondisi stabil jelang Idul Fitri 2024. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Plt Sekretaris Utama NFA Sarwo Edhy dalam Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Kemendagri di Jakarta pada Senin (25/3/2024).

Salah satunya terpantau harga beras yang sebelumnya sempat mengalami kenaikan harga. 

"Beras SPHP tersedia di sebagian besar lokasi pemantauan baik pasar tradisional mau pun ritel modern, namun pasokan perlu diperbanyak dan kontinyu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Sarwo. 

BACA JUGA:Anies Baswedan Ajak Kader Doa Bersama: Murahkanlah Harga Kebutuhan Pokok dan Ringankanlah Beban Biaya Hidup

Sejak 18 Maret lalu, NFA bersama kementerian dan lembaga terkait di pusat dan daerah terus melakukan pemantauan SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) periode HBKN (Hari Besar Keagamaan Nasional) Ramadan dan Idul Fitri 2024. 

Dari pemantauan tersebut didapati stok pangan terpantau cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Idul Fitri 2024.

Diketahui, harga beras kini sudah mulai mendekati harga normal, begitu pula dengan beberapa komoditas lainnya seperti daging ayam, telur, dan cabai. 

BACA JUGA:Jangan Khawatir, Kemendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran

Pasokan bahan pokok juga terpantau melimpah.

Selanjutnya penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk bencana dan tanggap darurat telah dilakukan sepanjang tahun 2024 dengan total mencapai 258,15 ton.

 Ini belum termasuk penyerahan bantuan pangan yang dilakukan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi di Demak, Jawa Tengah pada 24 Maret 2024.

Penjelasan Kemendag

Dikutip dari laman resmi Kementerian Perdagangan, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan optimistis stabilitas harga bapok semakin terjaga. Sejumlah harga bapok mengalami penurunan signifikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: