Jokowi Beri Dua Arahan Ini ke Menlu Retno terkait Konflik Iran-Israel

Jokowi Beri Dua Arahan Ini ke Menlu Retno terkait Konflik Iran-Israel

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat di DK PBB, New York.-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Jokowi memimpin rapat internal bersama sejumlah menterinya guna membahas dampak serangan Iran ke Israel bagi Indonesia di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Selasa, 16 April 2024.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi membeberkan 2 pesan Jokowi dalam rapat tersebut.

"Pesan bapak presiden tadi dua yaitu tolong terus lakukan upaya diplomatik agar pihak-pihak terkait menahan diri dan dapat menghindari eskalasi karena eskalasi tidak akan membawa manfaat bagi siapa pun," kata Retno usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

BACA JUGA:Pesawat Tempur Israel Siap Terbang Untuk Serangan Balasan, Iran: Rudal Kami Masih Banyak yang Belum Digunakan!

Retno mengatakan, sejumlah negara mulai mendengar dan berhitung dampak dari eskalasi konflik Israel dan Iran. Ia mengaku, negara-negara mulai berhitung soal harga minyak, harga kebutuhan hingga nilai tukar.

"Dari sisi ekonomi Pak Menko Ekonomi sudah menyampaikan, tadi Pak Menko Marves juga sudah menyampaikan, Wamenkeu juga menyampaikan karena Bu Menkeu sedang berada di Washington rapat World Bank," ujar Retno.

Retno juga memastikan pihaknya bakal memantau dan memberikan perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Iran dan Israel.

"Kita juga sudah melakukan engagement langsung dengan WNI yang berada di Iran dan juga di Israel pada tanggal 14 April untuk memberikan hal-hal apa yang mereka dapat lakukan jika terjadi sesuatu atau jika eskalasi terus meningkat," tuturnya.

Terkait hal ini, Retno telah berkomunikasi dengan sejumlah Menlu di berbagai negara buntut konflik Iran-Israel pada beberapa waktu lalu.

"Saya melakukan komunikasi baik melalui telepon, exchanges of messages, dan sebagainya dengan Menlu Iran, dengan Menlu Saudi Arabia, Yordania, Mesir, UAE, Uni Eropa, Jerman, Belanda, dan juga dengan Wamenlu AS," kata Retno.

BACA JUGA:15 Kata-kata Mutiara Gus Baha yang Bisa Sejukan Hati dan Pikiran, Penuh Hikmah Kehidupan

"Tadi pagi Wamenlu AS menelepon saya dan kita melakukan berdiskusi mengenai situasi perkembangan di Timur Tengah," sambungnya.

Retno mengungkapkan dalam percakapan tersebut, Indonesia meminta kepada sejumlah negara terkait untuk menahan diri atau self restraint menyikapi serangan rudal dan drone yang dilancarkan Iran ke Israel.

"Kita minta adalah self restrain, menahan diri dan deeskalasi. Pentingnya dilakukan deeskalasi," lanjut Retno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: