Bahas Kenaikan Tarif Transjakarta, Komisi B DPRD DKI Akan Gelar Rapat Khusus

Bahas Kenaikan Tarif Transjakarta, Komisi B DPRD DKI Akan Gelar Rapat Khusus

Rute bus Transjakarta Non BRT yang terintegrasi BRT.-Ilustrasi/Twitter-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Ismail, mengumumkan bahwa pekan depan akan diadakan rapat khusus untuk membahas rencana kenaikan tarif Transjakarta

"Kami sudah sepakati akan menjadi agenda prioritas untuk segera kita adakan rapat khusus mendengar tentang rencana kenaikan tarif ini (Tarif TJ)," katanya kepada wartawan, Rabu 15 Mei 2024.

Rapat tersebut dijadwalkan untuk melibatkan sejumlah pihak terkait, termasuk perwakilan dari Transjakarta, Dinas Perhubungan (Dishub) sebagai regulator, dan Dewan Transportasi Jakarta (DTKJ).

Menanggapi apakah Dishub telah berkoordinasi dengan Komisi B, Ismail menjelaskan bahwa meskipun telah ada pembahasan secara informal, namun keputusan kebijakan publik seperti ini harus dibahas dalam forum resmi. 

Ismail juga menjelaskan bahwa meskipun ada usulan untuk membahas kenaikan tarif dalam rapat Pra RKPD, namun diputuskan untuk mengagendakan rapat khusus terkait hal tersebut.

"Pekan depan akan dibahas secara khusus terkait kenaikan tarif TJ," kata Ismail. 

Ia menjelaskan bahwa ide awal kenaikan tarif ini timbul karena sejak awal berdirinya Transjakarta, tarifnya belum pernah mengalami kenaikan.

Sementara biaya operasional dan komitmen untuk menuju transportasi ramah lingkungan semakin meningkat.

Rapat tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang rencana kenaikan tarif dan bagaimana hal tersebut dapat berkontribusi terhadap kebaikan bersama.

"Tujuannya nanti kita yakini untuk kebaikan bersama, baik masyarakat sbg pengguna maupun menciptakan lingkungan yang lebih bersih lagi," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: