H-5 Lebaran, Arus Mudik Tol Cikampek Jalur GT Cikarang Utama Melonjak 89 Persen

H-5 Lebaran, Arus Mudik Tol Cikampek Jalur GT Cikarang Utama Melonjak 89 Persen

Arus Mudik Di TOL Cikampek Yang Melintas GT Cikarang Utama Melonjak Hingga 89% H-5 Menjelang Lebaran--FIN

BEKASI, DISWAY.ID - Semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022, jumlah pemudik yang menggunakan mobil keluar dari Kota Jakarta melalu TOL Cikampek mengalami kenaikan.

Hal tersebut disampaikan lansung oleh Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono yang mengatakan bahwa ada kenaikan sekitar 89% pengguna mobil yang melintas di Jalan TOL Jakarta - Cikampek berbeda dengan hari normal.

"Kami lihat juga paparan dirlantas, hari ini sudah ada peningkatan jumlah kendaraan. Kurang lebih 89% meningkat dibandikan kemarin. Ini akan terus naik, sehingga kami perlu siapkan pengamanan yang optimal," ucap Komjen Gatot Eddy saat meninjau langsung arus mudik di Bekas Gerbang Tol Cikarang Utama, Rabu 27 April 2022.

BACA JUGA:Kemenhub: Sebanyak 115 Kasus Kecelakaan Lalin hingga H-6 Mudik Lebaran 2022

Menurutnya saat ini pihaknya melalui Ditlantas Polda Metro Jaya (PMJ) telah mempersiapkan langkah langkah guna antisipasi terjadinya penumpukan yang menyebabkan hambatan di ruas TOL akibat lonjakan kendaraan yang melintas, dikarenakan hampir seluruh pemudik yang menggunakan mobil pasti melalui akses TOL Jakarta Cikampek.

"Upaya-upaya yang dilakukan polda metro jaya bersama-sama dengan stakeholder lainnya untuk mengantisipasi mengurai kemacetan. Karena PMJ utamanya bertugas di Cikampek ini, sampai dengan nanti KM 41 potensi kerawanannya," ungkapnya.

Saat ini PMJ juga telah mendapat instruksi untuk melakukan koordinasi dengan Polda Jawa Barat guna mengantisipasi adanya titik titik ketersendatan di ruas TOL Jakarta Cikampek yang sebagian masuk Provinsi Jawa Barat.

"PMJ tentunya akan berkoordinasi dengan pihak polda lain diantaranya seperti Polda Jawa Barat dan juga Polda Banten," jelasnya.

BACA JUGA:Penjualan Tiket Formula E Jakarta Dibuka 1 Mei 2022, Berapa Harganya?

Sebelumnya Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjabarkan bahwa saat ini pemudik yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama terdapat kenaikan sebesar 89%

Pada hari Senin 25 April 2022 tercatat sebanyak 43 ribu mobil keluar dari kota Jakarta melintasi GT Cikarang Utama, dan pada Selasa 26 April 2022 angka tersebut semakin melonjak hampir menyentuh 10 ribu kendaraan yang melintas.

"Terjadi peningkatan signifikan itu di Gerbang Tol Cikatama itu hari Senin 43 ribu kendaraan, hari Selasa 53 ribu naik 25 persen dibandingkan kemarin atau naik 89 persen dibandingkan rata-rata harian normal," ucap Kombes Sambodo

Reporter : Tuahta Simanjuntak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: