Dahlan Iskan langsung tertawa saat mengetahui apa arti yang sebenarnya dari 'mewah' yang ada di desa wisata Pujon Kidul itu sendiri.
BACA JUGA:KIP Kuliah Dibuka 2 Februari - 31 Oktober 2022, Simak Panduan dan Tata Caranya
"Jadi yang dijual itu, selain budaya alam ditengah persawahan itu tuh sangat menarik. terus ada produk-produk ekonomi kreatif," jelas Sandiaga Uno.
Sementara itu sebelumnya Sandiaga Uno mengaku telah mengambil banyak pelajaran dari China.
Sandiaga Uno agar heran saat melihat sektor pariwisata di China tetap dalam kondisi yang bagus meskipun diterang Pandemi Covid-19.
"Saya kemarin tuh baru meng-compare data-data dari China, China kan zero case tapi pariwisatanya justru meningkat selama pandemi ini," kata Sandiaga Uno saat diundang menjadi bintang tamu di podcast Youtube Dahlan Iskan (DI's Way).
BACA JUGA:Duh! Dokter Richard Lee Kembali jadi Tersangka, Apa Penyebabnya?
BACA JUGA:Kehabisan Baterai, EV Mobile Charging Service Bakal Nyamperin Buat Ngisi Daya dari Hyundai
Pengusaha dan polisiti Indonesia berdarah Gorontalo itu benar-benar takjub dengan strategi yang diterapkan China.
ia menyebut bahwa China tingkat siawatannya tetap stabil meskipun tengah diterjang Pandemi Covid-19.
"Rupanya domestik market ini dan strategi mereka tuh perlu kita acungkan jempol bahwa dengan peningkatan wisatawan nusantara ini mereka bisa sustained occupancy rate-nya," tukasnya.
Tantangan yang dihadapi Kemenparekraf yakni saat mereka harus meyakinkan bahwa berwisata di Indonesia lebih menarik.
Selain itu Kemenparekraf punya tugas untuk bagaimana caranya produk-produk lokal bisa laku dibeli ke para wisatawan nusantara yang datang ke Indonesia.
"Nah kita begitu border dibuka, ini tantangan gimana wisatawan nusantaranya itu berwisata di Indonesia saja, dan bagaimana mereka yang biasanya Rp 11 milliar dollar dibelanjakan dalam berwisata di luar negeri, beli-beli produk ekonomi kreatif luar negeri ini bisa diarahkan untuk berwisata di Indonesia saja," pungkas Sandiaga Uno.