BACA JUGA:Lesti Kejora Serahkan Hasil Visum Dugaan KDRT oleh Rizky Billar, Polisi Periksa 2 Saksi
Selain itu juga akan terjadi penumpukan kerak pada ruang bakar dan ini akan membuat semakin menurunnya peforma dari kendaraan.
Tak sampai disitu, salah satu yang cukup berbahaya jika melakukan spek down BBM adalah terjadinya knocking atau ngelitik.
Knocking merupakan permasalahan yang terjadi akibat kesalahan penggunaan bahan bakar dan erat kaitannya pada munculnya deposit atau endapan karbon, di mana setiap pembakaran yang berlangsung akan menciptakan sisa atau deposit.
Deposit ini akan mengendap pada ruang bakar, jika sudah menumpuk akan membuat volume ruang bakar berkurang.
Kompresi mesin akan meningkat dan meskipun sudah kembali menggunakan bahan bakar yang oktannya sesuai, tetap akan menimbulkan knocking.
Akibat penumpukan karbon ini akan memperpendek usia pakai parts seputar ruang bakar yang salah satunya busi.