Bingung Urus JKN di RS, Cari Saja Petugas BPJS Satu!

Selasa 08-11-2022,13:36 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

PEKALONGAN, DISWAY.ID - Ini salah satu inovasi dari BPJS Kesehatan. Nama layanannya BPJS Kesehatan Siap Membantu atau BPJS Satu! Tugasnya membantu peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sedang menjalani rawat jalan maupun rawat inap di rumah sakit. 

Rohana, 53, merupakan salah satu peserta JKN yang merasakan langsung layanan BPJS Satu! tersebut. Dia adalah peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). 

”Saya betul-betul merasa terbantu dengan adanya BPJS Satu! Petugasnya turun langsung ke rumah sakit memberikan edukasi, penjelasan dan menjawab semua pertanyaan kami, peserta JKN,” kara Rohana.

Ibu satu anak ini menderita penyakit darah tinggi dan harus menjalani rawat inap di rumah sakit. Sebelum bertemu petugas BPJS Satu!, dia sempat bingung dan merasa takut apakah pelayanan yang diterimanya betul-betul bisa dijamin oleh BPJS Kesehatan atau tidak. 

”Saya sempat pasrah mau bayar pakai umum saja tidak apa-apa, karena takut tidak dijamin BPJS Kesehatan. Saya tidak tahu sistem-sistemnya itu. Alhamdulillah, ada petugas dari BPJS Kesehatan itu memberikan arahan dan pencerahan kepada kami kalau ternyata saya pasti dijamin, rasanya lega. Banyak di luar sana kan yang kadang juga belum paham betul tentang prosedur menggunakan JKN,” ungkap Rohana.

Pengalaman menggunakan BPJS Kesehatan ini membuat Rohana berkomitmen untuk tetap membayar iuran meskipun nanti tidak digunakannya. Sebagai masyarakat yang mendukung program pemerintah, dia sukarela memberikan edukasi kepada tetangga atau rekan terdekat yang masih memiliki pertanyaan terkait BPJS Kesehatan.

“Sekarang saya dibantu saat sakit seperti ini ya dari iuran saudara saya di seluruh Indonesia, tidak ada alasan bagi saya untuk tidak membayar iuran secara rutin. Saya ikhlas berkontribusi membantu sesama peserta JKN juga. Semoga saya cukup sekali ini saja pakainya, saya memilih bayar iuran dan tetap sehat saja,” ujarnya lantas tersenyum.

Layanan BPJS Satu! merupakan sebuah terobosan baru dari optimalisasi peran petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) yang ada di rumah sakit. Ciri petugasnya menggunakan rompi kuning beserta atribut khusus. (*)

 

Kategori :