Pengaplikasian CNG ke sepeda motor bisa mempunyai batas lebih irit sebanyak 55 persen, sama saja dengan Rp 6,9 juta per tahun dari konsumsi 4 liter BBM pertalite per hari.
Kemudian untuk beban subsidi BBM dan ketergantungan impor BBM dapat ditekan menjadi 125 ribu kilo liter per tahun.
BACA JUGA:Otak Yosua Pindah ke dalam Perut, Ahli Forensik Beri Penjelasan
PGN memproyeksikan kendaraan roda empat sebanyak seribu truk/bus dan 18 ribu kendaraan kecil.
Khusus untuk kapal nelayan, quick win konversi ditargetkan 6,71 BBTUD untuk 30 ribu unit perahu nelayan tradisional.
Skema yang digunakan untuk kapal nelayan yakni Gaslink Cylinder dengan kapasitas 4,2 lsp.
Kapasitas itu bisa mendongkrak daya tempuh hingga 50 km pada mode operasi Dual Diesel Fuel (DDF) 50 persen per satu hari berlayar.
Komposisi CNG untuk kapal nelayan berkomposisi metana beroktan tinggi dan memberi manfaat performa mesin ramah lingkungan.
Ada potensi dari CNG yang mampu menghemat bahan bakar mencapai 30 persen, atau setara Rp 7,2 juta per tahun dari konsumsi 10 liter BBM solar per hari.
Sementara kebutuhan untuk pasokan gas BBG transportasi senilai 40 BBTUD pada 2027 mendatang. Bahkan diperkirakan angka kebutuhannya mampu meningkat sampai 410 juta lsp.
"Impact lanjutannya akan menghemat APBN untuk mengurangi BBM subsidi hingga Rp 1,25 triliun per tahun, dengan asumsi subsidi BBM sebesar Rp 3 ribu per liter," tandas Haryo.