b. mengklasifikasi Siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
19. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
a. sosial-emosional
b. kognitif
c. moral
d. spritual
20. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
a. mengemukakan gagasan
b. mengaktualisasikan diri
c. penciptaan hubungan yang baik
d. menformulasikan tindakan
21. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
a. Prakonvensional