Jenis iklan ini ditujukan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan. Contohnya iklan berita duka cita dan iklan reuni alumni sekolah.
Iklan penawaran (niaga).
Iklan ini ditujukan untuk menawarkan suatu barang atau jasa kepada masyarakat. Contohnya: iklan penawaran barang/produk, misal iklan sepatu, pakaian, motor, dan sebagainya.
Iklan penawaran jasa
Misal iklan jasa ojek online, iklan klinik atau tempat pengobatan, iklan jasa pengantaran barang, dan sebagainya.
Iklan layanan masyarakat.
Iklan ini berupa imbauan kepada masyarakat dan biasanya dimuat oleh instansi atau lembaga pemerintah, dan organisasi nonprofit seperti lembaga swadaya masyarakat. Contohnya iklan Keluarga Berencana (KB), iklan hemat listrik, dan sebagainya.
Unsur-unsur Iklan
Suatu iklan harus memenuhi unsur-unsur tertentu agar dapat diperhatikan dan menarik bagi konsumen.
Berikut beberapa unsur pada iklan yang perlu diperhatikan:
1. Berupa kalimat deskriptif dan Persuasif
Kalimat deskriptif merupakan suatu kalimat yang berfungsi menjelaskan suatu produk atau jasa. Agar menarik, suatu iklan harus disusun dengan kalimat deskriptif agar tidak berkesan bertele-tele.
Kalimat deskriptif perlu disusun dengan sangat efisien, sehingga tidak menimbulkan kesan bertele-tele.
Unsur iklan lain yang tak kalah penting adalah mengandung kalimat persuasif. Hal ini agar sasaran konsumen bisa tertarik untuk menggunakan suatu produk maupun layanan yang sedang diiklankan.
2. Menarik Perhatian
Unsur-unsur iklan selanjutnya adalah mengandung perhatian atau attention.