Ini Cara Terbaik untuk Menghilangkan Mulut Kering di Malam Hari

Jumat 27-10-2023,10:28 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Tidur dengan mulut kering di malam hari bisa terasa seperti tersesat di gurun sepanjang malam.

Anda akan menemui sensasi tidak menyenangkan dan lengket yang seolah menempel di setiap sudut mulut Anda, membuat Anda merindukan setetes air.

Selain rasa tidak nyaman, Anda mungkin kesulitan menelan, suara Anda mungkin terdengar agak serak, dan Anda mungkin merasakan sedikit bau mulut saat menguap.

BACA JUGA:Tips Melamar Kerja di McDonald's Indonesia Terbaru, Begini Langkah-langkahnya

Kekeringan di mulut bisa menjadi gangguan yang mengganggu, membangunkan Anda hanya dengan seteguk air.

Kadang-kadang, ini adalah efek samping dari pengobatan, di lain waktu, mungkin karena Anda tidak minum cukup air sepanjang hari.

Atau bahkan bisa menjadi pertanda adanya masalah medis yang mendasarinya.

Apa penyebab mulut kering di malam hari?

BACA JUGA:Tips ala Amel Carla Bisa Lulus Kuliah 3,5 Tahun di Usia 22, Simak Nih!

- Pernapasan Mulut: Bernapas melalui mulut saat Anda tidur bukan hanya sebuah kekhasan; hal ini memungkinkan udara bergerak melintasi jaringan mulut Anda dan menguapkan sebagian air liur pelindung, yang menyebabkan rasa kering.

- Pengobatan: Pengobatan sangat bagus karena khasiat penyembuhannya, tetapi terkadang ada trade-off. Banyak obat, seperti antihistamin, dekongestan, antidepresan, dan obat tekanan darah tertentu, yang dapat membuat mulut Anda lebih kering dari biasanya.

- Dehidrasi: Minum air lebih penting dari yang sering kita sadari. Kurang minum di siang hari atau bahkan mengeluarkan terlalu banyak keringat dapat menyebabkan mulut kering di malam hari.

- Kondisi Medis: Kesehatan kita terkait erat dengan fungsi tubuh kita. Ketika dihadapkan dengan kondisi seperti sindrom Sjögren, diabetes, gangguan autoimun, atau HIV/AIDS, kelenjar ludah kita mungkin tidak bekerja dengan baik, sehingga membuat mulut terasa kurang lembap.

BACA JUGA: 6 Cara Membasmi Rayap pada Kayu, Tips Melindungi Furnitur dari Rayap

- Penuaan: Dengan kebijaksanaan dan pengalaman yang dibawa oleh penuaan, mungkin ada sedikit penurunan produksi air liur bagi sebagian orang, yang dapat membuat malam hari menjadi sedikit lebih kering.

Cara Menyingkirkan Mulut Kering di Malam Hari

Kategori :