Fitur Garansi Bebas Pengembalian Shopee Bikin UMKM Untung Atau Rugi? Ini Kata Pemerhati

Kamis 29-02-2024,14:44 WIB
Reporter : Amanda Fanny
Editor : Amanda Fanny

Pada Video yang sudah ditonton puluhan ribu kali di TikTok itu, Tommy menggarisbawahi ada syarat & ketentuan yang wajib dipatuhi oleh pembeli.

Syarat pertama yang perlu diperhatikan adalah label produk tidak boleh dilepas atau dirusak. 

Hal ini menjadi penting karena label produk adalah salah satu penanda bahwa barang masih dalam kondisi baru.

Ia juga menambahkan bahwa pembeli harus memastikan kondisi produk tidak boleh kotor, maupun berbau. 

Kondisi produk harus tetap sama seperti saat penjual mengirimkan pesanan tersebut ke pembeli.

BACA JUGA:Ikut Live Shopee, Baim Wong Raih Omzet Rp 600 Juta Cuma Dalam 2 Jam!

BACA JUGA:Bombastis! Perdana Jualan di Live Shopee, dr. Richard Lee Dapat Omzet Rp 8 Miliar

Lebih lanjut, Tommy menjelaskan penjual masih bisa menolak pengembalian barang yang diajukan oleh pembeli, jika barang yang dikembalikan tidak sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku. 

Ongkos pengembalian barang dalam program ini sepenuhnya juga ditanggung oleh Shopee.

“Emang sih terlihatnya cuma untuk meningkatkan pengalaman belanja pembeli. Tapi sebenarnya penjual juga yang akhirnya bisa merasakan dampak positifnya karena pembeli itu jadi makin merasa aman dan

nyaman di toko penjual,” tutup Tommy mengakhiri videonya.

Menanggapi video Tommy, salah satu pengguna TikTok dengan username okedonk mengungkapkan bahwa program sejenis ini juga telah dijalankan di negara tirai bambu.

“Gak rugilah, di China uda lama dibuat, en malah lbh simple syaratnya. kalo rusak atau tdk sesuai, bisa dibalikin atau bahkan dkasi gratis,” ucap akun okedonk, dalam kolom komentar.

BACA JUGA:Shopee Buat Aturan Sistem COD Terbaru: Buka Dulu, Jika Barang Tak Sesuai Kembalikan ke Kurir

BACA JUGA:Tutorial Mengatasi Aplikasi Shopee Error, Simak Cara Lengkapnya di Sini

Program Garansi Bebas Pengembalian memungkinkan pembeli untuk melakukan pengembalian barang dengan mudah, tidak hanya ketika barang yang diterima tidak sesuai, namun juga ketika pengguna berubah pikiran saat pesanan sampai, asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kategori :