Shopee Buat Aturan Sistem COD Terbaru: Buka Dulu, Jika Barang Tak Sesuai Kembalikan ke Kurir

Shopee Buat Aturan Sistem COD Terbaru: Buka Dulu, Jika Barang Tak Sesuai Kembalikan ke Kurir

Belanja online makin nyaman. Seperti Shopee yang meluncurkan inovasi terbaru melalui COD Cek Dulu untuk menjangkau lebih banyak masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. -dok. istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Metode pembayaran COD (Cash On Delivery) telah banyak digunakan oleh para e-commerce dan platform belanja online lainnya untuk menarik pengunjung.

Sebab, dengan metode COD lebih mengedepankan fleksibilitas dan kemudahan sistem, yaitu pembayaran dengan uang tunai di tempat setelah menerima paket.

Selain itu, COD juga terbukti memiliki jangkauan yang lebih luas, khususnya bagi konsumen yang tinggal di daerah terpencil atau sulit dijangkau oleh layanan perbankan.

BACA JUGA:Klasemen Perolehan Medali pada Hari Terakhir Asian Games 2022/2023: China Juara Umum, Indonesia Lebih Baik dari Malaysia!

Di tahun 2023, metode pembayaran COD masih tetap menjadi favorit. Hasil survei Snapcart berjudul 'Tren Perilaku Belanja Online Jelang Ramadan 2023' menunjukkan bahwa penyediaan metode pembayaran COD menjadi salah satu dari empat faktor pertimbangan bagi 37 persen responden ketika memilih platform e-commerce untuk berbelanja online.

Metode COD berada di bawah faktor gratis ongkir yang dipilih oleh 71 persen responden. Riset yang sama juga mencatat bahwa Shopee adalah platform belanja online dengan metode pembayaran COD terbaik (60 persen), mengungguli Tokopedia (17 persen), TikTok Shop (12 persen), dan Lazada (9 persen).

Meskipun menjadi favorit, banyak pengguna metode COD yang menginginkan proses pengecekan sebelumnya. Saat ini, metode COD umumnya mengharuskan pembayaran dilakukan terlebih dahulu. Jika barang tidak sesuai, pengembalian harus dilakukan melalui aplikasi, bukan kepada kurir.

BACA JUGA:KUR BRI 2023: Cara Ajukan Pinjaman untuk Modal Usaha Sebesar Rp80 Juta Hanya Pakai KTP, Simak di Sini

Karena itu, seringkali terjadi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh semua pihak, termasuk pembeli, penjual, dan kurir.

Melihat situasi ini, Shopee menghadirkan inovasi COD Cek Dulu sebagai solusi untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut.

Dengan COD Cek Dulu, pengguna dapat memeriksa kesesuaian produk dengan deskripsi atau foto produk sebelum melakukan pembayaran kepada kurir.

Jika pembeli menemukan bahwa produk tidak sesuai dengan deskripsi atau foto, atau pesanan datang dalam kondisi rusak, mereka dapat mengembalikan paket langsung kepada kurir tanpa perlu membayar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: