Contoh Jawaban untuk Soal PMM 'Apa Upaya-Upaya yang Dilakukan untuk Mencapai Tujuan Tindak Lanjut?'

Kamis 16-05-2024,12:03 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, DISWAY.ID - Contoh jawaban dari soal PMM (Platform Merdeka Mengajar) 'Apa Upaya-Upaya yang Dilakukan untuk Mencapai Tujuan Tindak Lanjut?'

Pertanyaan dari 'Apa Upaya-Upaya yang Dilakukan untuk Mencapai Tindak Lanjut?' ini tersedia di dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Berikut ini ada beberapa contoh jawaban dari pertanyaan tersebut yang dapat digunakan oleh Bapak/Ibu guru.

BACA JUGA:Upaya Tindak Lanjut PMM: Contoh Jawaban untuk Pertanyaan 'Apa Inspirasi Baru yang Anda Dapatkan dari Upaya Tindak Lanjut?'

BACA JUGA:Cerita Guru Penggerak saat Terapkan Gerakan Merdeka Belajar: Awalnya Ada Penolakan

Namun, sebaiknya Bapak/Ibu guru bisa menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu secara mandiri.

Tetapi, jika mengalami kesulitan, Bapak/Ibu guru dapat menyimak sejumlah jawaban berikut ini.

Perlu diketahui bahwa pertanyaan 'Apa Upaya-Upaya yang Anda Lakukan untuk Mencapai Tujuan Tindak Lanjut?' ini adalah sebuah pertanyaan terbuka.

Hal ini berarti Bapak/Ibu bisa mengeksplor sendiri mencari bahan inspirasi jawaban.

Dengan adanya contoh jawaban ini diharap bisa membantu setiap guru dalam menyelesaikan salah satu tugas Pelatihan Mandiri di PMM yang ada di kolom Formulir Diskusi Tindak Lanjut Observasi Kelas.

BACA JUGA:Cek di Sini, Program dan Besaran Gaji Guru Penggerak

BACA JUGA:P2G Minta Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Hentikan Program Guru Penggerak

Mengenai pertanyaan 'Apa Upaya-Upaya yang Anda Lakukan untuk Mencapai Tujuan Tindak Lanjut?', jawabannya sebagai berikut:

  • Berdiskusi dengan rekan seperjuangan yang merupakan guru penggerak dalam penerapan restitusi siswa.
  • Melakukan praktik simulasi dengan rekan guru lainnya.
  • Merekam pembelajaran sendiri dan melakukan refleksi dan meminta umpan balik rekan sejawat dan meminta umpan balik pembelajaran.
  • Melihat praktik pembelajaran rekan sejawat yang berhasil dalam pengelolaan dinamika kelas dan menerapkan kesepakatan kelas.

BACA JUGA:Ubah Status Guru Honorer untuk Tingkatkan Kesejahteraan, Jangan Sampai Terjerat Pinjol Ilegal

BACA JUGA:26.885 Guru Ikut Pendidikan Guru Penggerak dengan Metode PMM, Bisa Diangkat Jadi Kepsek

  • Pendidikan perlu melakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana siswa sudah mencapai tujuan pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan melalui bermacam metode, seperti proyek, presentasi, ujian tulis atau observasi langsung. Dengan melakukan evaluasi, pendidik dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
  • Usai melakukan evaluasi, selanjutnya memberikan umpan balik pada siswa. Salah satunya dengan pendekatan efektif yang memberikan informasi tentang apa yang telah dicapai siswa dan area di mana mereka perlu meningkatkannya. Umpan balik tersebut dapat diberikan secara lisan atau tertulis dan harus spesifik serta jelas supaya siswa memahaminya dengan baik.
  • Memberikan dukungan atau bantuan tambahan pada siswa yang membutuhkannya. Bantuan ini bisa berupa bimbingan tambahan, materi pembelajaran yang disesuaikan atau kesempatan untuk berlatih lebih banyak.
  • Pendidik perlu merancang aktivitas pembelajaran yang memungkinkan siswa memperkuat pemahaman dan keterampilan yang sudah dipelajari.
Kategori :