P2G Minta Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Hentikan Program Guru Penggerak

P2G Minta Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Hentikan Program Guru Penggerak

Dalam rangka Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, Dewan Pengurus Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) memberikan sejumlah catatan- Dok: Kemendikbudristek-

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, Dewan Pengurus Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) memberikan sejumlah catatan.

Catatan tersebut berisi evaluasi untuk memperbaiki kualitas pendidikan nasional ke depan.

Salah satunya adalah meminta Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar 26 Episode. 

BACA JUGA: Penampakan Suami Mutilasi Istri di Jeruji Besi Polsek Rancah, Gigit Tali Pengikat Seperti Orang Gila

BACA JUGA: Menpan RB Sebut Seleksi CASN 2024 Akan Tetap Dilakukan Pada Juni: Tidak Mungkin Ditunda!

P2G mendesak DPR RI dan DPD RI untuk meluncurkan program Kurikulum Merdeka Belajar, yang sudah lahir sebanyak 26 Episode sejak Nadiem Makarim dilantik 2019 lalu.

Evaluasi total terhadap kebijakan-kebijakan pendidikan era Nadiem Makarim itu seharusnya juga dilakukan oleh lembaga-lembaga independen, termasuk organisasi profesi guru. 

Agar berkelanjutan atau dihentikannya kebijakan itu benar-benar dilakukan secara objektif, berorientasi pada perbaikan, jujur, dan berbasis data.

“Bagi P2G, setelah hampir lima tahun menjabat, perubahan perbaikan fundamental pendidikan dan guru belum banyak terjadi, meskipun sudah dua puluh enam jilid merdeka belajar itu episodenya,” ujar Iman Zanatul Haeri, Kepala Bidang Advokasi P2G dalam keterangan tertulis Jumat, 3 Mei 2024.

“Contoh hasil PISA kita, sekarang justru skornya makin jeblok, bahkan terendah selama sepuluh tahun terakhir,” sambung Iman.

Dalam catatan P2G, era Nadiem Makarim sangat gemar memproduksi istilah-istilah yang secara esensial masih sebatas jargon atau slogan belaka untuk kepentingan "branding".

BACA JUGA: Suami Mutilasi Istri Dagingnya Dipotong-Potong Ditawarkan ke Tetangga, Netizen Murka: Zaman Edan!

BACA JUGA: Seleksi CPNS Jalur Sekolah Kedinasan Dibuka, Tersedia 3.445 Formasi di Bulan Ini

Seperti Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, Kurikulum Merdeka, Platform Merdeka Mengajar (PMM), Penggerak seperti Guru Penggerak, Sekolah Penggerak, Kepala Sekolah Penggerak, dan Awan Penggerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: