4 Jurnalis Gugur Akibat Serangan Udara Israel, Zionis Bersumpah Intensifkan Serang Rafah

Sabtu 18-05-2024,14:01 WIB
Reporter : Subroto Dwi Nugroho
Editor : Subroto Dwi Nugroho

Pada 17 Mei 2024, penyelidikan awal CPJ menunjukkan setidaknya 105 jurnalis dan pekerja media termasuk di antara lebih dari 36.000 orang yang terbunuh sejak perang dimulai pada 7 Oktober.

Lbih dari 35.000 warga Palestina tewas di Gaza dan Tepi Barat serta 1.200 kematian di Gaza dan Tepi Barat.

BACA JUGA:Ditembak dari Jarak Dekat, Kondisi PM Slovakia, Robert Fico Cukup Mengerikan

BACA JUGA:Perdana Menteri Slovakia Ditembak Orang Tak Dikenal, Diduga Dianggap Pro Rusia

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan kepada kantor berita Reuters dan Agence France Press pada bulan Oktober bahwa mereka tidak dapat menjamin keselamatan jurnalis mereka yang beroperasi di Jalur Gaza.

Setelah mereka mencari jaminan bahwa jurnalis mereka tidak akan menjadi sasaran serangan Israel, menurut kepada laporan Reuters.

Jurnalis di Gaza menghadapi risiko yang sangat  tinggi  ketika mereka mencoba meliput konflik selama serangan darat Israel, termasuk serangan udara Israel yang menghancurkan, gangguan komunikasi, kekurangan pasokan, dan pemadaman listrik yang ekstensif.

CPJ juga menyelidiki sejumlah laporan yang belum dapat dikonfirmasi mengenai jurnalis lain yang dibunuh, hilang, ditahan, disakiti, atau diancam, dan mengenai kerusakan pada kantor media dan rumah jurnalis.

“Sejak perang Israel-Gaza dimulai, jurnalis telah membayar harga tertinggi nyawa mereka untuk membela hak kami atas kebenaran.

BACA JUGA:Gudang Senjata Israel Tel Hashomer Habis Terbakar

BACA JUGA:Bantuan PBB ke Palestina Dirusak dan Dibakar Warga Israel

" Setiap kali seorang jurnalis meninggal atau terluka, kami kehilangan sebagian dari kebenaran tersebut,” kata Direktur Program CPJ Carlos Martínez de la Serna di New York. 

Jurnalis adalah warga sipil yang dilindungi oleh hukum humaniter internasional pada saat konflik.

Israel harus bertanggung jawab atas kematian mereka menghadapi dua persidangan, satu berdasarkan hukum internasional dan satu lagi di hadapan pandangan sejarah yang tak kenal ampun.

Daftar yang dipublikasikan di sini mencakup nama-nama berdasarkan informasi yang diperoleh dari sumber CPJ di wilayah dan pemberitaan media. 

Ini mencakup semua jurnalis yang terlibat dalam aktivitas pengumpulan berita. 

Kategori :