Ngeri! Fenomena La Nina Bakal Menghantui Indonesia di Pertengahan Tahun, Siap-Siap Badai Besar Mengintai

Jumat 31-05-2024,08:32 WIB
Reporter : Syifa Lulu
Editor : Syifa Lulu

Benarkah Fenomena La Nina Akan Melanda Indonesia?

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) sudah ancang-ancang memberikan peringatan adanya fenomena La Nina yang ditandai dengan musim badai aktif.

WMO juga memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat dunia untuk menjaga nyawa dengan baik dan mengatur ekonomi tanpa implusif.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa La Nina memiliki dampak yang bersifat global seperti peningkatan curah hujan.

BACA JUGA:Apa Itu El Nino dan La Nina? 'Si Kembar' yang Wajib Diwaspadai

BACA JUGA:BMKG Minta Masyarakat Indonesia Bersiap karena Akan Kedatangan 'La Nina'

Di Indonesia sendiri, fenomena La Nina diprediksi terjadi pada periode Juni-Juli-Agustus dengan ditandai peningkatan curah hujan mencapai 20% hingga 40%.

Menurut Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan menyampaikan bahwa pada tahun ini fenomena La Nina tidak diikuti dengan El Nino.

"La Nina tahun ini diprediksi akan terjadi kategori La Nina lemah," ujar Ardhasena.

Ia menerangkan jika fenomena La Nina ini termasuk dalam kategori lemah, sehingga tidak berdampak pada musim kemarau yang mulai terjadi di sebagian wilayah Indonesia. 

Dampak La Nina di Indonesia

Adanya peringatan fenomena tersebut, Juru Bicara WMO Clare Nullis mengatakan badai dahsyat ini dapat mempengaruhi sektor mulai dari ekonomi hingga pangan.

Dari catatan WMO, Asia menjadi kawasan yang terdampak cukup parah dari adanya badai hal iini dikarenakan tercatat 79 bencana terkait hidrometeorologi dan 80% di antaranya terkait dengan banjir dan badai yang menyebabkan 2.000 lebih kematian.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Australia Siaga Hadapi Angin Kencang La Nina

BACA JUGA:Kenali Pola Cuaca La Nina, Awas Bisa Picu Adanya Hujan Es Ekstra Besar!

Salain itu, WMO juga menyoroti adanya cairan glester dari pemanasan globa sehingga air di permukaan laut meningkat dan mengancam penduduk di pesisir.

Kategori :