Alarm WMO Menyala! Badai Berbahaya Bakal Terjadi Saat Pergantian El Nino ke La Nina di Indonesia

Selasa 11-06-2024,16:47 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

BACA JUGA:Gelombang Badai La Nina Tak Akan Lama Lagi Hantam Indonesia, Intip Jadwal Lengkapnya

Sementara itu, evakuasi bisa dilakukan apabila hujan turun lebih dari 1 jam dan objek serta jarak pandang 30 meter dan tidak terlihat. Kemudian, jangan kemudikan mobil di wilayah banjir.

Sebelumnya, menurut prediksi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ada sejumlah wilayah yang diprediksi bakal kena dampak La Nina, di antaranya:

Daftar Wilayah yang Diprediksi Terkena Dampak La Nina

1. Bulan Juni 2024

Wilayah yang diprediksi bakal terkena dampak La Nina di bulan Juni 2024 meliputi sebagian Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Ustara, Maluku, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

BACA JUGA:Penyebab Terjadinya Fenomena La Nina yang Diprediksi Muncul Juni 2024, Warga Siap-Siap!

2. Bulan Juli 2024

Wilayah yang diprediksi bakal terkena dampak La Nina di bulan Juli 2024 meliputi sebagian Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua Barat Daya Papua Pegunungan dan Papua Tengah.

3. Bulan Agustus 2024

Wilayah yang diprediksi bakal terkena dampak La Nina di bulan Agustus 2024 meliputi Sebagian kecil wilayah Aceh, Sumatera Utara, Maluku, Kalimantan Barat, Papua Barat, Papua Barat Daya, dan Papua Tengah.

4. Bulan September 2024

Wilayah yang diprediksi bakal terkena dampak La Nina di bulan September 2024 meliputi sebagian Sumatera Utara, Maluku, Kalimantan Barat, Papua Tengah dan Papua Barat.

BACA JUGA:Dampak Fenomena La Nina di Indonesia, Bisa Picu Musim Badai Berbahaya

5. Bulan Oktober 2024

Wilayah yang diprediksi bakal terkena dampak La Nina di bulan Oktober 2024 meliputi sebagian Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku, Papua Barat, Papua Barat Daya, dan Papua Selatan.

Kategori :