SYL Pamer Prestasi Jadi Lurah-Menteri Saat Pembacaan Pledoi, Termasuk Penghargaan Anti Gratifikasi

Sabtu 06-07-2024,11:44 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID - Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) beberkan sejumlah prestasi yang ia dapatkan semasa menjabat dari lurah hingga menteri. 

"Dengan segala kerendahan hati saya sampaikan bahwa selama mengabdikan diri kepada bangsa dan negara sebagai pemimpin wilayah dari unit wilayah terendah Lurah sampai dengan Menteri," ujar SYL dalam pembacaan pledoi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, pada Jumat, 5 Juli 2024. 

SYL memamerkan capaiannya saat menjadi lurah, seperti menerima penghargaan lomba juara desa se Provinsi Sulawesi Selatan. 

BACA JUGA:Merasa Dikhianati Mantan Ajudannya, SYL: Begitu Tega dan Keji Fitnahnya

Kemudian, Ia dinobatkan sebagai Camat Teladan Se-Sulawesi Selatan pada 1984. 

Lebih lanjut, ketika menjadi Bupati ia mendapat tujuh penghargaan, salah satunya penghargaan Upakarti bidang pertanian dari Presiden RI tahun 1997. 

Saat menjadi Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, SYL meraih enam penghargaan. 

"Pada saat menjadi Relawan Aceh saya membangun 2 rumah sakit darurat dan mengadopsi 20 anak yatim atau mahasiswa yang terancam putus kuliah pada tingkat akhir semester (koas) yang di kuliahkan di Makassar dan bertempat tinggal dikediaman rumah dinas saya," jelas SYL. 

Selanjutnya, ia juga mengatakan ketika ia jdi Gubernur Sulawesi selatan tak sedikit juga penghargaan yang ia dapat, salah satunya Gubernur Terbaik pada penghargaan kepemimpinana daerah 'leadership award' oleh Menteri dalam Negeri tahun 2018. 

BACA JUGA:Baca Nota Pembelaan, SYL : Persidangan Ini Telah Membunuh Karakter Saya

Tak ketinggalan, saat menjadi Menteri Pertanian, SYL mengaku telah meraih 71 penghargaan, salah satunya Penghargaan sebagai tokoh Inspiratif Pertanian Indonesia tahun 2023. 

Selain sederet penghargaan yang ia terima, SYL juga dipercaya mengemban tugas lebih sebagai ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia. 

"Saya dipercaya menjadi ketua Asosiasi Pemerintah propinsi seluruh Indonesia yang menaungi seluruh Gubernur seluruh Indonesia selama 2 peiode," ungkap SYL. 

SYL mengaku bahwa ia juga pernah mendapat penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Bahkan saya mendapatkan penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berupa Penghargaan Anti Gratifikasi terbaik tahun 2018-2019," tutur SYL. 

Tags :
Kategori :

Terkait