Survei: Gen Z Lebih Pilih Bank Digital, 66% Sebut Transfer Dana Cepat dan Mudah

Rabu 10-07-2024,08:11 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID – Gen Z lebih memilih menggunakan bank digital.

Data itu terungkap dari hasil survei perusahaan riset Populix merilis hasil risetnya mengenai alasan Gen Z di Indonesia menggunakan bank digital.

Berdasarkan riset terbaru Populix yang bertajuk “Studi Analisis Ekosistem dan Persepsi terhadap Bank Digital di Indonesia” menunjukkan bahwa keamanan, kemudahan transaksi, hingga kenyamanan penggunaan aplikasi menjadi faktor utama yang mendorong penggunaan bank digital di Indonesia.

BACA JUGA:Survei: Masyarakat Mulai Beralih dari Kendaraan Pribadi ke Angkutan Umum

"Masyarakat mencari keamanan data ketika mulai menggunakan perbankan digital, mereka juga mencari fitur transfer dana yang cepat dan mudah," ujar VP of Research Populix Indah Tanip dalam konferensi pers virtual, Selasa, 9 Juli 2024.

Adapun rincian faktor pendorong penggunaan bank digital yaitu karena transfer dana cepat dan mudah (66 persen), integrasi dengan e-wallet dan layanan pembayaran lain (64 persen), transaksi mudah di mana saja (64 persen), biaya transaksi dan admin lebih terjangkau (64 persen), mendukung banyak transaksi dalam satu aplikasi (59 persen), dan pembuatan akun mudah (55 persen).

BACA JUGA:Survei Tren Shopping Online, Berikut Tingkat Kepuasan Konsumen saat Belanja di E-Commerce

Di antara jumlah pengguna bank digital, Gen Z merupakan pengguna yang paling banyak menggunakan bank digital. Di mana artinya, Gen Z memainkan peran penting pada ekosistem perekonomian digital.

"Keterbukaan Gen Z terhadap internet dan teknologi mendorong generasi ini untuk memiliki ekspektasi berbeda terhadap produk dan layanan perbankan,” ujar Indah Tanip.

BACA JUGA:Kaesang Pangarep Maju Pilkada Jakarta, Begini Pandangan Lembaga Survei

Dia menambahkan ada tiga bank digital yang diminati oleh generasi milenial saat ini, yaitu SeaBank, Bank Jago, dan Blu by BCA.

“Bank digital menjadi jawaban atas keinginan mereka terhadap kegiatan bertransaksi yang serba cepat, nyaman, dan aman," tuturnya.

 

 

 

Kategori :