Ajinomoto Genap 55 Tahun, Ini Peran MSG dalam Strategi Diet Rendah Garam

Minggu 14-07-2024,13:19 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

Setelah diberikan intervensi menu makanan bergizi dan rendah garam, terjadi penurunan yang signifikan pada kadar gula darah lansia.

BACA JUGA:Resep Tahu Cabai Garam, Menu Sederhana ala Restoran, Cara Buatnya Mudah Banget!

Menu rendah garam yang diberikan kepada lansia melalui program tersebut terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada lansia, yaitu SBP (Systolic) dan DPB (Diastolic).

Hasil baik dari penelitian ini kemudian dijadikan acuan untuk menyebarluaskan Elderly Program kepada panti werdha lainnya dan masyarakat.

“Umami dalam MSG dapat digunakan sebagai penyedap rasa untuk meningkatkan rasa makanan, sehingga membantu mendorong peningkatan asupan gizi dan juga membantu mengurangi penggunaan garam dalam makanan. Penggunanaan MSG pada makanan dapat mendukung strategi diet rendah garam sehingga membantu mengontrol asupan sodium yang berlebihan yang bisa berisiko bagi kesehatan jantung dan tekanan darah,” katanya.

BACA JUGA:Modifikasi Cuaca, BRIN Tabur 800 Kilogram Garam di Wilayah Jabodetabek

Peran MSG dalam strategi diet rendah garam juga didukung oleh beberapa jurnal-jurnal ilmiah.

Dalam jurnal ilmiah tersebut, disebutkan bahwa pengurangan penggunaan garam dapur dan penambahan sedikit MSG pada masakan bisa menurunkan kadar natrium sebanyak 30 persen, sebab kandungan natrium dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa.

Contoh, dalam memasak menu sup ayam, dari yang biasanya kita menuangkan 2 sendok teh (sdt) garam ke dalam 1 liter kuah, cukup diubah menjadi 1 sdt garam + ½ sdt MSG, dengan tips itu, kita dapat membuat makanan tetap lezat meski garam dikurangi.

 

Kategori :