Modifikasi Cuaca, BRIN Tabur 800 Kilogram Garam di Wilayah Jabodetabek

Modifikasi Cuaca, BRIN Tabur 800 Kilogram Garam di Wilayah Jabodetabek

Modifikasi cuaca wilayah Jobodetabek-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Riset dan Invasi Nasional (BRIN) tengah menerapkan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) mengurangi polusi udara di wilayah Jabodetabek.

Adapun posko TMC dipusatkan di Bandara Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.

"Sabtu kemarin sudah dilaksanakan satu sorti penerbangan dengan target penyemaian di wilayah Kabupaten Cianjur, Depok, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat," kata Koordinator Laboratorium Pengelolaan TMC BRIN Budi Harsoyo dalam keterangannya, Senin 21 Agustus 2023.

Budi menjelaskan, secara teknis TMC memanfaatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat bagian Selatan pada 19-21 Agustus seperti yang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Kegiatan TMC untuk mengurangi polutan sudah pernah dilakukan oleh beberapa negara yaitu Cina, Korea Selatan, Thailand, dan India," ujarnya.

BACA JUGA:Ditelantarkan! Istri Dirut Taspen Rina Lauwy Kini Jualan Kue di Mall Ambasador: Puji Tuhan Banyak Teman dan Keluarga yang Membantu

Menurut Budi, cara yang lebih efektif untuk mengurangi polutan di daerah tertentu memang dengan menjatuhkan atau mengguyurnya dengan air hujan.

Namun, jika hal tersebut tidak memungkinkan, TMC dapat dilakukan dengan menargetkan mengganggu stabilitas atmosfer.

"Caranya adalah dengan menaburkan bahan semai dalam bentuk dry ice atau es kering di ketinggian tertentu di udara," terangnya. 

"Di situ terdapat semacam hamparan awan serupa karpet panjang," sambungnya .

Hal itu terjadi karena tidak adanya perbedaan temperatur di titik ketinggian tersebut atau isotherm yang kemudian menimbulkan lapisan inversi.

"Nah, ini yang akan kita ganggu, dibuka ibaratnya, sehingga kumpulan-kumpulan polutan yang terkungkung di sekitar wilayah Jakarta bisa terus naik ke atas," imbuhnya.

BACA JUGA:Polisi Selidiki Laporan Korban Penganiayaan di Lenteng Agung

Meski begitu, Budi mengatakan bahwa metode TMC tanpa hujan tersebut memerlukan persiapan matang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: