Pendaftaran CPNS 2024 Diundur, Kapan Dibuka Kembali? Ini Kata Menpan RB

Selasa 16-07-2024,10:03 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, DISWAY.ID - Pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2024 kini kembali diundur diperkirakan menjadi bulan Juli hingga Agustus mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Abdullah Azwar Anas selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PANRB).

"(Pelaksanaan seleksi CPNS kemungkinan) Juli-Agustus ya," kata Anas.

BACA JUGA:8 Instansi Sekolah Kedinasan Buka Penerimaan CPNS 2024, Ini Daftarnya

Anas juga menjelaskan alasan dari penundaan pendaftaran CPNS yang disebabkan oleh banyaknya kementerian atau lembaga serta pemerintah daerah belum mengusulkan formasi untuk memenuhi kuota yang disediakan.

Selanjutnya, Kementerian PANRB juga sediakan sebanyak 200 ribu formasi CPNS 2024, khusus untuk lulusan baru atau fresh graduate.

Akan tetapi, finalnya jumlah yang diusulkan baru mencapai 130.341 formasi sampai awal Juli 2024.

Dengan belum terpenuhinya kuota formasi yang diusulkan oleh sejumlah instansi, membuat Kemenpan RB memutuskan untuk menunda kembali pembukaan pendaftaran CPNS dan diundur menjadi Juli atau Agustus 2024.

"Inilah yang menyebabkan kita menunggu karena formasi yang kita berikan tidak diusulkan kementerian atau lembaga maupun pemerintah daerah," ujar Anas.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Juni atau Juli, Cek Formasi untuk Pusat dan Daerah di Sini

Sebelumnya, BKN atau Badan Kepegawaian Negara juga sudah merancang lini masa periode pembukaan seleksi CPNS serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2024.

Mengutip dari situs resmi BKN, untuk periode I dimulai pada minggu ketiga Maret 2024 yang saat itu merupakan pengumuman dan seleksi administrasi sekolah kedinasan.

Adapun, realisasinya pendaftaran serta seleksi administrasi sekolah kedinasan dibuka pada 15 Mei sampai 17 Juni 2024.

Sedangkan, di periode II rencananya adalah pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK yang dimulai pada Juni 2024.

Lalu, di periode III juga hampir sama, yaitu pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK yang digelar pada Agustus 2024.

Kategori :