Perum BULOG Bertransformasi Jadi Pemasok Rantai Pangan Terpercaya, Tingkatkan Reputasi dan Integritas

Rabu 17-07-2024,12:39 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

Bayu menambahkan bahwa pasokan pangan akan selalu menjadi tantangan, karena orang makan setiap hari sementara produksi terjadi hanya 3 bulan sekali.

Bagian dari transformasi BULOG adalah untuk menjadi pemasok rantai pangan yang terpercaya di tengah situasi itu.

“Sangat menarik untuk melihat proses transformasi yang berusaha dilakukan karena berangkat dari skeptisme publik, melihat dari sejarah BULOG yang panjang tetapi pasti publik selalu mencari perbaikan. Karenanya hal ini sangat pas dengan slogan baru Bulig "Mengantarkan Kebaikan,” ucap Najwa Shihab, seorang figur di dunia jurnalistik penyiaran, pada saat kunjungan media visit yang dilakukan oleh Perum BULOG pada Selasa, 16 Juli.

BACA JUGA:Bulog Akuisisi Perusahaan Beras di Kamboja, Kementan: Terpenting Mengoptimalkan Potensi Dalam Negeri

“Dengan latar belakang dan rekam jejak Bayu Krishnamurthi, dari seorang akademisi agribisnis pangan, lalu birokrat yg mengurusi pangan dan pertanian, lalu sekarang memimpin badan usaha, merupakan suatu kekuatan yang tidak dimiliki oleh lembaga pemerintahan lainnya, tambah Najwa. 

“Pak Bayu memiliki kredibilitas untuk melakukan transformasi, bila orang lain yang mengatakan hal ini, publik akan memicingkan sebelah mata. Tetapi karena Pak Bayu yang mengatakan, publik akan lebih percaya,” ucap Najwa lagi.

Transformasi yang dilakukan oleh Perum BULOG memiliki 4 visi yaitu: kepemimpinan rantai pasok, kepercayaan, pelayanan prima, dan kontribusi kesejahteraan masyarakat.

Menjadi bagian dari program transformasi termasuk memenuhi permintaan masyarakat kelas menengah akan kebutuhan pangan yang premium.

Perum BULOG juga mengembangkan sektor bisnis komersial, termasuk di antaranya menyediakan beras kualitas premium yang pulen dan wangi, maupun yang dilengkapi dengan multivitamin.

Selain itu, Perum BULOG juga memiliki 16.000 jaringan retail yang terdiri dari warung warung keluarga bernama Rumah Pangan Kita (RPK) yang menyediakan kebutuhan harian keluarga.

“BULOG juga melakukan huluisasi karena hilirisasi saja tidak cukup. Melalui program Mitra Tani, kami mendampingi para petani termasuk memperbaiki dan membantu mengatasi masalah mereka seperti kekurangan pupuk dan bibit, menjadi penjamin pembiayaan sehingga mitra petani yang menjadi pemasok kami, akan merasa terbantu,” ucap Bayu.

BACA JUGA:Perum Bulog Jamin dan Pastikan Rantai Pasokan Beras Guna Wujudkan Ketahanan Pangan

Meskipun saat ini baru ada sekitar 1000 Hektar lahan sawah yang menjadi pilot project mitra Perum BULOG, namun sudah ada proyeksi 100.000 Hektar sawah melalui berbagai bentuk kemitraan. Diharapkan program Mitra Tani bisa menjadi inspirasi bagi program-program serupa lainnya, tambah Bayu.

Melalui program transformasi yang dicanangkan pada pertengahan Mei lalu oleh Perum BULOG, jajaran direksi profesional yang dimilikinya, merasa optimis bisa memperbaiki reputasi Perum BULOG kembali.

“Banyak hal yang sedang kami perbaiki saat ini, baik secara internal maupun eksternal. Serangkaian program sedang kami lakukan untuk meraih kepercayaan publik kembali, dengan bekerja lebih transparan, termasuk melaksanakan sistem open bid impor beras, yang dapat menunjukkan bagaimana pergerakan penawaran harga dari masing-masing calon mitra secara terbuka. Di tahun 2024, sistem itu telah dilakukan sejak Januari, sejak impor batch pertama. Sistem ini mencegah kemungkinan ada penggelembungan harga atau mark up seperti yang dituduhkan,” tutup Bayu.

 

Kategori :