Petugas Haji Sabar

Jumat 28-06-2024,11:00 WIB
Oleh: Tomy Gutomo

Sabar, jujur, tulus, dan ikhlas sudah menjadi sikap yang ditanamkan kepada petugas haji Indonesia. Juga menjadi syair Mars PPIH yang wajib dihafalkan petugas haji Indonesia di luar kepala.  

--

SABAR menjadi poin utama para petugas haji. Sabar dalam melayani petugas sudah pasti. Dan yang tidak kalah penting sabar menghadapi nyinyiran tim pengawas haji DPR yang sering kurang data dan kurang update.

Betapa sakit hati para petugas haji di Madinah saat pada Jumat, 21 Juni 2024. Seorang anggota timwas haji DPR, Selly Andriany Gantina, menyebut petugas haji di Madinah kerjaannya belanja dan tidak mengurus jamaah.

Selly bukan politikus kemarin sore. Kader PDI Perjuangan itu adalah mantan wakil bupati Cirebon. Tapi senioritas tidak menjamin kualitas. Pernyataan Selly diucapkan saat jamaah haji reguler belum ada di Masjid Nabawi, Madinah. Semua masih di Makkah. 

BACA JUGA:Jamaah Haji Puji Pelayanan Kesehatan Selama di Tanah Suci: Dua Jempol!

BACA JUGA:166 Ribu Jamaah Haji Telah Diterbangkan dari Arab Saudi ke Tanah Air

Jamaah Indonesia yang ada di Nabawi saat itu adalah jamaah haji non-reguler dan non-khusus. Artinya, jamaah yang ada di Nabawi saat itu bukan tanggung jawab petugas haji yang tergabung dalam PPIH.  

Kalaupun ada adalah jamaah haji reguler gelombang 1 yang transit sebentar untuk sebelum terbang ke tanah air melalui Bandara Internasional Amir Mohammad bin AbdulAzis, Madinah. Garuda Indonesia mengalihkan penerbangan 46 kloter dari Jeddah ke Madinah karena gagal mendapat slot time penerbangan di Bandara King Abdulazis, Jeddah.  


Jamaah haji lansia dibantu oleh petugas haji di Madinah. --Media Center Haji

Berita tentang pernyataan Selly itu langsung menyebar ke grup-grup petugas. Heboh. Semua tersakiti perasaannya. Setelah 40 hari lebih bekerja melayani jamaah dengan segala suka dukanya, dengan enteng petugas dicap sibuk belanja dan tidak mengurus jamaah. Sabar.

Petugas haji di daerah kerja Madinah saat itu menyiapkan akomodasi dan segala hal untuk jamaah haji reguler gelombang 2 yang akan tiba di Madinah pada 26 Juni 2024. Setelah salat Jumat, mereka mampir sebentar belanja oleh-oleh di toko di sekitar masjid Nabawi. Mereka juga petugas yang akan pulang ke tanah air pada 24 Juni 2024. Termasuk petugas Media Center Haji (MCH) yang berisi para wartawan dari berbagai media nasional di Indonesia.

Beberapa hari setelah pernyataan timwas haji DPR itu, ramai di TikTok ada video anggota timwas haji DPR sedang makan es krim di tenda mewah mereka. Entah di Arafah atau di Mina. Yang bikin viral dan memantik komentar pedas netizen adalah salah seorang dari anggota timwas haji DPR ini menyebut bentuk es krim itu seperti pup

BACA JUGA:Laporan Penyelenggaraan Haji 2024 Dibeberkan Kemenag, Mulai dari Transportasi hingga Menu Makanan

BACA JUGA:Tuding Petugas Sibuk Belanja, Anggota DPR Selly Andriany Tak Paham Jadwal Penyelenggaraan Haji

Kategori :