Telkom Pastikan Kesiapan Infrastruktur dan Layanan Telekomunikasi Jelang HUT ke-79 RI di IKN

Jumat 19-07-2024,10:55 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Guna memastikan kesiapan gelaran infrastruktur telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam mendukung Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 mendatang, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah melaksanakan uji coba (rehearsal test) kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di Balikpapan, Rabu 17 Juli 2024.

Rangkaian diawali dengan rehearsal test yang meliputi pengujian transport dan service, pengujian power dan pengujian jaringan Telkomsel secara live. 

Prosesi rehearsal test dipimpin langsung Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia, Herlan Wijanarko beserta jajaran senior leader TelkomGroup. 

BACA JUGA:Nuon dan Telkomsel Gelar Peluncuran Honor of Kings GraPARI Corner

Kegiatan juga dihadiri Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo, Wayan Toni beserta jajaran Kementerian Kominfo dan Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan OIKN, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi beserta jajaran OIKN.

Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia, Herlan Wijanarko menyampaikan bahwa “sejak tahun 2023, Telkom telah membangun dan menggelar infrastruktur jaringan untuk mendukung IKN. Ini bukan akhir, baru awal. Perjalanan kita masih panjang. Telkom berkomitmen untuk terus mendukung penuh pembangunan ibu kota negara di IKN ini.” 

Secara umum, seluruh infrastruktur dan layanan TelkomGroup di IKN disiapkan dengan capacity, diversity dan cyber security yang terbaik dan prima. Infrastruktur dan layanan tersebut meliputi jaringan berkapasitas 200 Gbps melalui 3 jalur (Batu Ampar, Sepaku & Labangka) yang terhubung ke 2 gateway internasional (Batam & Manado) dan 23 data center serta 1 Hyperscale Data Center (HDC) Cikarang; 6 jalur in/out Kalimantan dengan landing points sistem kabel laut di 3 titik (Takisung, Sei Kakap dan Sangatta); backup Satelit Merah Putih di lokasi Telkom Smart Office (TSO); layanan seluler dengan 34 BTS Telkomsel yang dapat melayani hingga 35 ribu pelanggan; serta dukungan security berupa Next Generation Firewall dan DDoS Protection.

BACA JUGA:Line Up dan Harga Tiket Telkomsel Awards 2024 di Indonesia Arena 17 Juli

“Alhamdulillah, rehearsal test berjalan dengan lancar dan membuktikan keandalan infrastruktur dan layanan yang disediakan Telkom telah diuji dengan potensi-potensi gangguan yang bisa terjadi, terutama putusnya konektivitas. Setelah rehearsal test, kami akan terus berupaya menjaga kualitas jaringan dan meningkatkan pengawalan melalui Posko TelkomGroup di Nusantara Service Operation Center (NSOC) HUT ke-79 RI mulai tanggal 1 Agustus 2024 sampai dengan suksesnya penyelenggaraan upacara pada 17 Agustus 2024," katanya. 

Selanjutnya, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo, Wayan Toni mengapresiasi semangat dan dukungan Telkom untuk menghadirkan infrastruktur dan layanan telekomunikasi terbaik di IKN.

BACA JUGA:Telkom Fasilitasi SMA Negeri 40 Jakarta Wujudkan Kegiatan Belajar Mengajar yang Lebih Efisien dan Transparan

Kemenkominfo juga berharap Telkom dapat terus menjaga kualitas layanan telekomunikasi terutama menjelang HUT ke-79 RI mendatang dan kebutuhan layanan digital serta smart city ke depan.

Kehadiran Telkom di IKN diharapkan akan memperkuat konektivitas digital dan menjadikan IKN sebagai kota dengan sistem teknologi, informasi, dan komunikasi kelas dunia. Telkom juga memastikan ketersediaan jaringan telekomunikasi berbasis fiber optik di beberapa Point of Interest (POI) Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang meliputi 28 lokasi penting.

Experience Test juga telah dilakukan di 5 lokasi penting, yaitu Hotel Nusantara, plaza ceremony, Istana Presiden IKN, Rumah Tapak Jabatan Menteri dan Telkom Smart Office (TSO).

Kategori :