Prof Hartono Terpilih Jadi Rektor UNS 2024-2029, Intip Program Kerja yang Diusung

Jumat 19-07-2024,20:37 WIB
Reporter : Annisa Amalia Zahro
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si resmi diangkat sebagai Rektor Terpilih Universitas Sebelas Maret (UNS) Masa Jabatan 2024-2029 melalui Rapat Pleno MWA Pemilihan Rektor di Gedung UNS Tower Ki Hadjar Dewantara, Kamis, 18 Juli 2024.

"Berdasarkan hasil paparan dan hasil pendalaman, MWA melakukan musyawarah dan mufakat dengan suara bulat menetapkan Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si. sebagai Rektor Terpilih UNS masa jabatan 2024-2029," terang Ketua MWA UNS Prof. Muliaman Darmansyah Hadad, Ph.D dikutip dari laman resmi UNS, Jumat, 19 Juli 2024.

BACA JUGA:Ini Alasan Rektor UII Fathul Wahid Ogah Dipanggil Profesor

BACA JUGA:Dekan FK Unair Budi Santoso Dipecat, Kemendikbudristek Hormati Keputusan Rektor

Sebelum ditetapkan sebagai rektor, ia dengan calon rektor lain menyampaikan visi, misi, dan program kerja di hadapan 16 anggota MWA.

Dalam pemaparannya, ia mengusung tajuk "Transformasi UNS dalam Mendukung Visi Indonesia Emas 2045 dan Menjadi Perguruan Tinggi Berkelas Dunia Berbasis Sinergitas Pemangku Kepentingan dan Berlandaskan Nilai Luhur Budaya Bangsa".

"Rencana strategis dan program kerja didasarkan pada beberapa indikator antara lain adalah indikator kinerja utama (IKU) PTN-BH, indikator QS World University Ranking, dan rencana pentahapan UNS 2022-2047," ungkap Hartono.

BACA JUGA:Buntut Polemik Dekan FK Unair Dipecat, Kemendikbudristek Beri Peringatan ke Rektor

BACA JUGA:KPK Lelang Ruko Milik Wakil Rektor UI yang Jadi Rampasan Negara di Depok Senilai Rp1,2 M

Lebih lanjut, rencana kerja yang disusunnya berdasarkan sembilan strategi yang disingkat menjadi DREAMTEAM.

Singkatan tersebut meliputi Digital, Research, Education, Autonomous, Modern, Together, Equilibrium, Active, dan Manpower.

Program pertama adalah digitalisasi, yakni meredesain tata kelola UNS menjadi lebih adaptif, agile, transparan, dan berbasis teknologi.

"Yang kita lakukan pertama kali adalah melakukan audit sistem IT UNS secara komprehensif secara menyeluruh oleh pihak independen," paparnya.

Hal ini lantas menjadi dasar menyusun roadmap pengembangan sistem di UNS untuk mengembangkan sistem informasi yang terintegrasi dari hulu hingga hilir.

BACA JUGA:Pendaftaran Balon Rektor UI Masih Dibuka Hingga 3 Agustus 2024, Syaratnya Minimal Doktor dan Bukan Anggota Parpol

Kategori :