Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia, Istana Sampaikan Ucapan Duka

Rabu 24-07-2024,10:59 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz meninggal dunia. 

Jenazah akan disholatkan dan dimakamkan di Bogor. 

“Innalillahi wainna ilaihi roji’uuun. Telah wafat DR. KH. Hamzah Haz pada jam 09.30 di Klinik Tegalan. Saat ini Almarhum sedang diproses dimandikan utk kemudian disholatkan di Masjid milik Beliau, Jl Nenas, Bogor. Semoga Almarhum diampuni segala dosanya, diberikan Syafaat dari Rasulullah SAW dan pantas masuk SyurgaNya. Kepada anak dan cucu Beliau beserta keluarga besar Bapak Hamzah Haz diberikan kesabaran dan keteguhan iman. Amiiiin ya Rabb,” tulis pesan singkat yang beredar di kalangan politikus PPP. 

BACA JUGA:Kabar Duka! Mantan Wapres RI Hamzah Haz Meninggal Dunia

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres), Yusuf Permana, membenarkan Wakil Presiden ke-9 RI, Hamzah Haz meninggal dunia.

Hamzah Haz wafat hari ini, 24 Juli 2024.

"Innalillahi wa innailaihi raji'un. Telah meninggal Dunia pada hari ini, tanggal 24 Juli 2024 jam 09.45 Bapak Hamzah Haz wapres ke-9 di kediaman beliau," ujar Yusuf kepada jurnalis, Rabu 24 Juli 2024.

BACA JUGA:Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia, Jenazah Disholatkan di Masjid Bogor

Yusuf menjelaskan, Hamzah Haz akan dimakamkan di Bogor, Jawa Barat.

"Saat ini masih di kediaman. Rencana dari keluarga akan bawa jenazah ke Bogor, semoga beliau khusnul khotimah," katanya. 

BACA JUGA:Andalkan Sandiaga Uno, PPP Ingin Ulang Sejarah Kejayaan Partai Era Hamzah Haz

Kiprah Hamzah Haz

Dikutip dari laman resmi Perpusnas RI, Hamzah Haz adalah Wakil Presiden Republik Indonesia kesembilan yang menjabat tahun 2001 bersamaan dengan naiknya Megawati Soekarnoputri menjadi Presiden.

Dalam kepartaian, Hamzah Haz pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pada Pemilu 2004, Hamzah Haz dicalonkan sebagai calon presiden oleh PPP, berpasangan dengan Agum Gumelar sebagai calon wakil presiden.

Kategori :