236 Orang Lolos Seleksi Administrasi Capim KPK, Paling Banyak dari Akademisi

Rabu 24-07-2024,18:40 WIB
Reporter : Anisa Aprilia
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Sebanyak 236 orang lolos pada proses seleksi administrasi Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain itu, ada 146 lolos administrasi sebagai calon Dewas KPK.

"Dari jumlah tersebut setelah hasil seleksi yang dinyatakan lulus untuk Capim KPK itu sebanyak 236 orang atau 74% dari seluruh pendaftar calon pimpinan KPK,"kata Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Muhammad Yusuf Ateh dalam konferensi pers, Rabu 24 Juli 2024.

BACA JUGA:Bacawagub DKI Jakarta, Sohibul Iman Fokus Pangkas Jarak Antara Si Kaya dan Si Miskin

BACA JUGA:KPK Proses Hukum 3 RS Lakukan Fraud Klaim BPJS, Rugikan Negara Puluhan Miliar

Muhammad Yusuf Ateh menambahkan, sedangkan untuk Dewas itu dari 207 orang yang lulus sebanyak 146 orang atau 71%. 

Calon Pimpinan KPK yang lolos seleksi administrasi terdiri dari 221 orang laki-laki, dan 15 orang perempuan. Sedangkang calon Dewas KPK 130 orang laki-laki dan 16 orang perempuan.

Latar profesi yang memenuhi syarat administrasi calon Pimpinan KPK paling banyak akademisi, Pegawai Negeri Sipil, Hakim, Anggota Polri, dan Jaksa.

Adapun rinciannya yaitu 50 peserta berlatar belakang akademisi, 39 auditor, 36 praktisi, 26 orang pegawai negeri sipil, 17 orang hakim, 16 orang anggota Polri, 12 orang pihak swasta, 11 orang jaksa.

Kemudian, ada 8 orang berlatar belakang lembaga swadaya masyarakat (LSM), 6 orang pegawai BUMN, 3 orang anggota TNI, 4 orang dari lembaga negara lain, serta 8 orang dengan latar belakang lainnya yang lolos seleksi tahap administrasi.

BACA JUGA:Wow! Alvin Lim Bela Nikita Mirzani dalam Kasus Promosi Judi Online: Dia Cuma Korban

BACA JUGA:Prediksi Hotman Paris Ada Babak Baru 'Semakin Seru' di Kasus Vina Cirebon Terbukti, Ditandai Iptu Rudiana Somasi Dedi Mulyadi

Nama-nama pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan pada hari ini 24 Juli 2024 melalui website Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id) dan website Komisi Pemberantasan Korupsi (www.kpk.go.id).

Pendaftar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi, diwajibkan mengikuti seleksi tahap berikutnya, yaitu tes tertulis, yang akan diselenggarakan pada Rabu 31 Juli 2024. 

Dengan dua waktu berbeda yakni Pukul 07.30-11.00 WIB (Tes Tertulis Calon Pimpinan KPK) dan 12.30-16.00 WIB (Tes Tertulis Calon Dewan Pengawas KPK).

Kategori :