Berkunjung ke GIIAS 2024, Menko Airlangga Puas Mobil Listrik Dapat Respon Positif

Kamis 25-07-2024,06:24 WIB
Reporter : Bianca Chairunisa
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Dalam beberapa tahun ini, pasar industri kendaraan listrik atau Electric Vehicle telah menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

Dari antusiasme inilah, pelaksanaan pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, Tangerang, berhasil diperluas menjadi 11 hall dengan total 120.000 m2. 

Dengan area pameran terluas dan jumlah merek peserta terbanyak mencapai lebih dari 55 merek, GIIAS menampilkan berbagai produk-produk terbaru mulai dari model kendaraan berbasis bahan bakar bensin hingga EV.

BACA JUGA:Kecanggihan AION HYPTEC HT Berhasil Curi Perhatian Menko Airlangga di GIIAS 2024

BACA JUGA:GIIAS 2024: Hino Driving School Resmi Hadir, Siap Cetak Pengemudi Handal Untuk Keselamatan Jalan Raya Indonesia

"Tadi yang paling utama jumlah pilihan mobil listrik semakin banyak dan harga semakin murah. Jadi, tentu ini mendorong bahwa kebijakan mobil listrik cukup bagus dan mendapat respon publik yang bagus,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan kunjungan ke pameran GIIAS 2024 pada Rabu 24 Juli 2024.

Memiliki cadangan mineral kritis yang sangat melimpah seperti nikel sebagai bahan utama dalam pembuatan baterai lithiumion, menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan potensi terbesar di dunia untuk menjadi pusat industri baterai Electric Vehicle (EV).

Untuk meningkatkan produksi dan penjualan EV dan menjadikannya sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi nasional, Pemerintah juga telah memberikan sejumlah insentif.

BACA JUGA:Honda Civic Type R dan HR-V Edisi Mugen Hadir di GIIAS 2024, Lebih Gahar dan Makin Sporty

BACA JUGA:Hadir di GIIAS 2024, PT Laris Chandra Bawakan Promo untuk Dua Produk Ini

Salah satu insentif yang dikeluarkan guna mempercepat investasi dan implementasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia adalah insentif PPnBM untuk KBLBB roda 4.

Selain itu, Menko Airlangga juga menyebutkan bahwa insentif untuk mobil hybrid sedang dipersiapkan.

Seraya meninjau area pameran, Menko Airlangga juga berkesempatan menyaksikan langsung transaksi penjualan terbesar GIIAS 2024 bernilai sekitar Rp30 miliar yang berhasil dicapai oleh Wuling. 

Melalui GIIAS, industri otomotif memiliki ruang untuk terus menampilkan produk unggulannya dan berinovasi dengan teknologi terkini. 

Selain itu, GIIAS juga menampilkan berbagai kendaraan yang telah memiliki kandungan komponen dalam negeri mencapai 80%.

Kategori :