Nawawi Pomolango Beri Pesan Kepada 236 Capim KPK: Pemimpin Hanya Soal Integritas dan Kompetensi

Kamis 25-07-2024,20:43 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango memberi pesan kepada 236 orang pendaftar calon pimpinan (capim) KPK yang sudah lolos seleksi administrasi. 

Ia mengungkapkan bahwa ada orang-orang yang punya rekam jejak kredibel dalam pemberantasan korupsi, tapi berhasil lolos dari seleksi tahap awal ini. 

BACA JUGA:Demo di KPK, PB KAMI Tuntut Peredaran Oli Ilegal Diusut Tuntas!

BACA JUGA:KPK Limpahkan Berkas Perkara Kasus Pungli Rutan ke Pengadilan

"Dari nama-nama yang lolos seleksi administrasi, ada sosok-sosok yang memang dikenal baik rekam jejaknya," kata Nawawi kepada wartawan pada Kamis, 25 Juli 2024. 

Namun, Nawawi menegaskan rekam jejak yang kredibel tidak dapat menjadi modal utama untuk menduduki kursi sebagai pimpinan KPK. Ia mengingatkan bahwa para calon pimpinan KPK wajib punya nyali tinggi. 

"Tapi menjadi pimpinan di lembaga ini tak cukup sekadar berintegritas dan kompeten," kata Nawawi. 

Dengan nyali itu, kata Nawawi, dapat menjawab intervensi yang muncul ketika menjadi pimpinan lembaga antirasuah. 

BACA JUGA:Nurul Ghufron Pede Kembali Terpilih Jadi Pimpinan KPK 

"Lebih dari itu, memiliki nyali, berani menyikapi intervensi dari berbagai kepentingan yang ujungnya berimbas pada independensi lembaga," lanjut Nawawi. 

Lebih lanjut, Nawawi mengungkapkan bahwa Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK kali ini memuliki tanggung jawab yang berat. 

Pasalnya, Pansel wajib memiliki kinerja yang baik sekaligus menunjukkan bahwa dirinya tidak dapat diintervensi ketika memilih calon pimpinan KPK. 

BACA JUGA:KPK Bongkar Modus Klaim BPJS Fiktif Hingga Rp35 Miliar: Dari Rumah Sakit di 3 Provinsi

"Pansel harus benar-benar memberi jaminan ke publik bahwa kerja-kerja Pansel tidak didomplengi oleh calon-calon titipan dari pihak manapun," pungkas Nawawi. 

Sebelumnya, Pansel Capim KPK sudah mengumumkan 236 nama lolos seleksi capim KPK. Nantinya mereka wajib mengikuti sejumlah tahapan hingga bisa memimpin KPK.

Kategori :