Masuk Bursa Cawagub Jateng Usai Elektabilitas Melesat di Survei, Witjaksono: Alhamdulillah

Selasa 30-07-2024,08:02 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

"Menjelang Pilgub Jateng 2024, namanya muncul sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah (Bakal Cawagub Jateng). Hal ini bisa dilihat dari hasil paparan survei yang kami lakukan," ujarnya.

BACA JUGA:Terima Rombongan Pejuang PPP di Kertanegara, Prabowo Beri Arahan Pemenangan Pilpres 2024 Satu Putaran

Witjaksono adalah pengusaha yang aktif di bidang pemberdayaan masyarakat khususnya nelayan. Ia juga merupakan pendiri PT Dua Putra Makmur di Pati, serta merupakan kader muda Nahdlatul Ulama (NU).

Witjaksono adalah Ketua Umum Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU).

Dalam uji simulasi 5 nama bakal cawagub yang disodorkan pada responden untuk dipilih. Hasilnya, kata Togu, Witjaksono dipilih paling tinggi di angka 33,1 persen, lalu Kaesang Pangarep 29,4 persen, Sri Mulyani 10,6 persen, Yusuf Chudlori 7,1 persen, Dico Ganinduto 5,2 persen, dan tidak memilih 14,6 persen.

Kemudian, pada simulasi dengan menyodorkan 9 nama kepada para responden dan ditanyakan tokoh mana yang dipilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah jika pemilihan langsung gubernur dilaksanakan sekarang, Witjaksono tetap teratas dengan elektabilitas di angka 28,2 persen.

"Disusul mantan wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen 18,5 persen, Bupati Klaten Sri Mulyani 10,persen, Kaesang Pangarep 7,4 persen, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjarmoko 6,persen, Yusuf Chudlori 5,7 persen, Bupati Kendal Dico Ganinduto 5,2 persen, Bupati Banyumas Achmad Husein 3,2 persen, Raffi Ahmad 1,3 persen, dan tidak memilih 13,9 persen," papar Togu.

Pada survei lainnya, Witjaksono menempati urutan teratas survei calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah (Jateng) untuk Pilkada Jawa Tengah 2024.

BACA JUGA:Tak Mau Gegabah di Pilkada Jateng, Golkar Tunggu Ahmad Luthfi Mundur dari Kapolda

Survei dilakukan oleh Lembaga Penelitian Masyarkat Milenium (LPMM) pada periode 5-14 Juni 2024, dengan mewawancarai 1.200 responden melalui telepon.

Responden dipilih melalui metode double sampling dengan margin of error plus minus 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Dari hasil survei dengan simulasi top of mind, calon gubernur Jawa Tengah dengan elektabilitas tertinggi adalah Kaesang Pangarep.

Dari hasil survei dengan simulasi top of mind, elektabilitas pengusaha asal Kabupaten Pati, Witjaksono berada di urutan pertama sebagai calon wakil gubernur Jawa Tengah.

Berikut tingkat elektabilitas tokoh yang disebut oleh responden ketika diminta memilih cawagub Jateng Top of Mind Cawagub Jateng:

1. Witjaksono (29,1 persen)

2. Taj Yasin (18,8%)

3. Sri Mulyani (10,2%)

Kategori :