Isi Teks Proklamasi yang Diketik Sayuti Melik Seperti Apa? Ini Perbedaannya dengan Versi Asli Tulisan Tangan Soekarno

Sabtu 03-08-2024,15:30 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, DISWAY.ID - Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan bunyi naskah beserta sejarah perumusannya perlu diketahui.

Sebab, teks Proklamasi sendiri menjadi salah satu bukti sejarah dari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Usai berjuang dengan berbagai macam bentuk perlawanan, akhirnya bangsa Indonesia bisa terlepas dari penjajahan bangsa lainnya.

BACA JUGA:Mengenal Keistimewaan Kereta Kencana Ki Jaga Raksa, Pembawa Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Maka dari itu, Proklamasi Kemerdekaan bangsa ini menjadi suatu tonggak perubahan kehidupan bangsa Indonesia yang mempunyai makna tersendiri untuk masyarakat.

Bunyi Teks Proklamasi yang Diketik Sayuti Melik

Melansir dari situs resmi Kemendikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini ditandatangani dan dirumuskan di rumah salah satu perwira Jepang, yaitu Laksamana Tadashi Maeda.

Perumusan teks Proklamasi tersebut pun diwakili oleh tiga tokoh nasional, yakni Ir. Soekarno, Mohammad Hatta dan Ahmad Soebardjo.

Kemudian, naskah asli dari teks Proklamasi itu ditulis tangan oleh Soekarno, yang setelah disetujui teks tersebut langsung diketik oleh Sayuti Melik.

BACA JUGA:Simak! Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia yang Patut Kalian Ketahui

Lalu, bagaimana bunyi teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia versi dari ketika Sayuti Melik ini?

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia

Kategori :