Ikuti Keseruan Event Menarik Sambil Berwisata di Taman Ismail Marzuki!

Rabu 07-08-2024,10:13 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID -- Sederet event menarik akan digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, sepanjang Agustus-Desember 2024.

Bukan hanya berskala nasional, melainkan juga event seni dan budaya berskala internasional berlangsung di berbagai venue yang ada di Pusat Kesenian Jakarta itu.

BACA JUGA:Banggar DPRD DKI Dorong Pemprov Anggarkan Program Makan Bergizi Gratis

BACA JUGA:Disdik DKI Jelaskan Kriteria Sekolah Swasta Gratis, Budi Awaluddin: Sekolah Bukan Penerima Dana BOS

Sejak 2022 silam, kawasan TIM sudah berubah wajah. Karya arsitektur Andra Matin menjadikan TIM pasca-revitalisasi jauh lebih modern, dengan mengusung konsep minimalis dan naturalis.

Ada lima venue di TIM. Pertama, Plaza TIM yang berada di spot paling depan. Kedua, Gedung Ali Sadikin yang cukup besar, karena terdiri dari beberapa ruangan, seperti galeri, co-working space, perpustakaan, Wisma Seni, hingga perkantoran.

Ketiga, Gedung Oesman Effendi yang diperuntukkan sebagai galeri tempat pameran seni rupa. Keempat, Gedung Trisno Soemardjo yang merupakan area teater, studio latihan dan bisoskop. Kelima, Gedung Graha Bhakti Budaya yang merupakan teater besar, tempat pertunjukan berkapasitas 952 tempat duduk dengan ruangan VIP.

Di kawasan seluas lebih kurang sepuluh hektar itu terdapat pula Masjid Amir Hamzah. Rumah ibadah ini sekaligus pusat kegiatan keagamaan dan perkembangan kebudayaan Islam di Taman Ismail Marzuki.  

Kepala Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta (UP PKJ) Taman Ismail Marzuki Arif Rahman menyatakan, hampir setiap bulan TIM memiliki agenda event menarik. Jadwal event itu berlangsung sejak Januari hingga Desember 2024. "Kegiatan beragam, dan setiap kegiatan di TIM dikoordinasikan dengan Dinas Kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta PT Jakpro yang menjadi pengelola venue," katanya kepada Disway, Selasa, 6 Agustus 2024.

BACA JUGA:Harga Tiket Teater Musikal 'Interaksi' di Taman Ismail Marzuki 16-18 Agustus 2024, Termurah Rp275 Ribu

BACA JUGA:Teman Tulus Bersiap! Teater Musikal Interaksi di Taman Ismail Marzuki 16-18 Agustus 2024

Arif menyebut, dalam waktu dekat, TIM akan menyuguhkan Jakarta Movin Teater Musikal “Interaksi" di Graha Bhakti Budaya. Kemudian, pada akhir 2024, TIM juga akan menampilkan pertunjukan Teater Musikal “Kukejar Kau Kusayang”. Selain itu, agenda perayaan ulang tahun ke-56 TIM pada 10 November 2024.

Tak cukup sampai di situ, bakal banyak pertunjukan menarik lainnya yang bisa dinikmati bersama keluarga, pasangan, atau gebetan. "Seluruh event yang disuguhkan di TIM ini terbuka untuk umum," ucap Arif.

Dengan wajah baru ini, tentu menunjang TIM untuk menggelar event berskala internasional. "Selain itu, pengunjung bukan saja bisa menikmati event yang ada, tetapi juga berwisata di area TIM," ujar Arif.

Sekilas Riwayat TIM

Tags :
Kategori :

Terkait