Sejarah! Ini Pertama Kali Bendera Pusaka Merah Putih Keluar dari Jakarta

Sabtu 10-08-2024,09:44 WIB
Reporter : Cahyono
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi akan diterbangkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 1 Agustus 2024.

Kirab Bendera Merah Putih pun digelar dari Monas menuju Bandara Halim Perdanakusuma untuk selanjutnya diterbangkan ke IKN.

BACA JUGA:Kirab Bendera: Duplikat Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Dibawa Pakai Kendaraan Taktis Pindad Maung

BACA JUGA:Amankan Kirab Bendera Pusaka, Polres Jakpus Kerahkan 747 Personel Gabungan

Acara Kirab Bendera Merah Putih digelar mulai pukul 08.00 WIB dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan, ini menjadi momen bersejarah karena Bendera Pusaka Merah Putih pertama kali keluar dari Jakarta.

"Betul, pertama kali ini bendera duplikat dan teks proklamasi akan keluar Jakarta menuju ke Ibu Kota Baru, di Istana Negara, di Ibu Kota Nusantara," kata Yusuf di kawasan Monas.

Yusuf menuturkan, Kirab Bendera Pusaka dan teks proklamasi kali berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Lalu Lintas di Sekitar Istana hingga Halim Ditutup Sementara Imbas Kirab Bendera HUT RI, Simak Rute Alternatifnya

Biasanya, kata Yusuf, kirab Bendera Pusaka dan teks proklamasi hanya dilakukan dari Monas menuju Istana Merdeka.

"Tapi kali ini kita akan menciptakan sejarah karena diselenggarakan kirab tersebut dari monumen nasional menuju ke ibukota nusantara," ujarnya.

Dia menjelaskan, rute perjalanan Kirab Bendera dari Monas menuju Bandara Halim Perdanakusuma akan melalui kawasan Patung Kuda ke arah Jalan Thamrin menuju Semanggi.

Dari kawasan Semanggi Kirab Bendera Merah Putih selanjutnya menuju Bandara Halim Perdanakusuma untuk kemudian diterbangkan ke IKN.

BACA JUGA:Rute Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Monas ke IKN 10 Agustus 2024, Ada Panggung Hiburan!

Bendera Pusaka Merah Putih ini dibawa menggunakan kendaraan taktis jenis Maung buatan Pindad.

Kategori :