Ini Rangkaian Penyambutan Bendera Pusaka Merah Putih Setiba di Balikpapan

Sabtu 10-08-2024,10:46 WIB
Reporter : Cahyono
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi telah diterbangkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Bendera Pusaka dan teks proklamasi diterbangkan menggunakan pesawat Boeing 737-400 milik TNI Angkatan Udara sekira pukul 09.30 WIB.

BACA JUGA:Kirab Bendera: Duplikat Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Dibawa Pakai Kendaraan Taktis Pindad Maung

BACA JUGA:Amankan Kirab Bendera Pusaka, Polres Jakpus Kerahkan 747 Personel Gabungan

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan, diperkirakan perjalanan menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan memakan waktu sekitar 2 jam 10 menit.

Yusuf mengatakan, setiba di Balikpapan, Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi akan disambut oleh warga lokal, hingga Purna Paskibraka Provinsi Kalimantan Timur.

"Di Balikpapan pun akan ada penyambutan. Setiba di Balikpapan akan disambut oleh pasukan kehormatan dari Paspampres, kemudian Paskribraka Purna di Provinsi Kalimantan Timur, kemudian kearifan lokal juga kita libatkan termasuk anak-anak sekolah di rute dari Balikpapan menuju ke Ibu Kota Nusantara," kata Yusuf di kawasan Monas.

Di sisi lain kata Yusuf, ini menjadi momen bersejarah karena Bendera Pusaka Merah Putih pertama kali keluar dari Jakarta.

"Betul, pertama kali ini bendera duplikat dan teks proklamasi akan keluar Jakarta menuju ke Ibu Kota Baru, di Istana Negara, di Ibu Kota Nusantara," kata Yusuf.

Yusuf menuturkan, Kirab Bendera Pusaka dan teks proklamasi kali berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Lalu Lintas di Sekitar Istana hingga Halim Ditutup Sementara Imbas Kirab Bendera HUT RI, Simak Rute Alternatifnya

BACA JUGA:Istana Imbau Masyarakat Turut Meriahkan Acara Kirab Bendera Pusaka Merah Putih Besok

Biasanya, kata Yusuf, kirab Bendera Pusaka dan teks proklamasi hanya dilakukan dari Monas menuju Istana Merdeka.

"Tapi kali ini kita akan menciptakan sejarah karena diselenggarakan kirab tersebut dari monumen nasional menuju ke ibukota nusantara," ujarnya.

Dia menjelaskan, rute perjalanan Kirab Bendera dari Monas menuju Bandara Halim Perdanakusuma akan melalui kawasan Patung Kuda ke arah Jalan Thamrin menuju Semanggi.

Kategori :