Penjelasan Psikiater soal Perilaku Kekerasan Berkaca Dugaan KDRT Armor Toreador pada Cut Intan Nabila

Selasa 13-08-2024,16:15 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

□ Oppositional defiant disorder (ODD)

- pola suasana hati marah / mudah tersinggung, perilaku argumentatif / menantang dan / atau dengki yang berlangsung enam bulan atau lebih.

□ Conduct disorder (CD)

- pola perilaku persisten/menetap  yang melanggar hak orang lain dan aturan, seperti intimidasi, pencurian, bolos dari sekolah, lari dari rumah.

□ Disruptive mood dysregulation disorder (DMDD)

- ditandai oleh adanya ledakan kemarahan yang sering terjadi dan suasana hati yang mudah tersinggung atau depresi hampir sepanjang waktu.

□ Psikosis 

- Gangguan penilaian realitas,  tidak bisa membedakan mana yg nyata dan khayalan, ditandai dengan adanya halusinasi (mendengar suara bisikan, melihat bayangan), delusi/waham (ide, pikiran yg salah tdk sesuai kenyataan, misal akan mendapat kekuatan, kehebatan bila melakukan hal tertentu)

□ Bipolar

- gangguan mood, yang ditandai dengan perubahan mood yg ekstrim dari senang berlebihan (episode manik) menjadi sedih berlebihan (episode depresi)

BACA JUGA:Pelaku KDRT di Curug Diringkus, Aniaya Istri Hingga Babak Belur

□ Depresi Mayor

- gangguan mood yang ditandai dengan mood yg sedih, mudah tersinggung,  tidak semangat, energi berkurang, gangguan pola tidur dan makan, fokus, konsentrasi yg menurun dan pikiran tentang kematian.

□ Gangguan Kepribadian Anti Sosial

- Sebuah gangguan kepribadian dengan gejala seperti sering mengabaikan dan melanggar hak orang lain, tidak memiliki empati atau rasa kasihan pada orang lain, tidak mawas diri, dan manipulatif.

□ Gangguan Kepribadian Narsisitik

Kategori :