Seleksi CASN Tahun 2024 Khusus Penerimaan Formasi CPNS, Tenaga Honorer Tak Bisa Ikut?

Kamis 15-08-2024,07:37 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada 20 Agustus 2024 hanya fokus untuk penerimaan formasi CPNS.

Jadi untuk tenaga honorer masih belum ada informasi lanjutan dari pihak BKN atau pemerintah untuk mengikuti CPNS atau PPPK pada 20 Agustus mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Anas saat berada di kawasan Istana Negara, Jakarta, pada Rabu 14 Agustus 2024 kemarin.

"Pada saat ini, fokus kita adalah pada CPNS. Kita akan menyelesaikan proses rekrutmen untuk CPNS," paapar Anas.

BACA JUGA:Resmi! Jadwal Pendaftaran CPNS 2024, Cek Link, Syarat, hingga Cara Daftar

Anas juga menjelaskan bahwa total formasi yang diperlukan untuk CPNS adalah sebanyak 600 ribu orang, dimana 5 persen dari jumlah tersebut akan dikhususkan untuk rekrutmen CPNS yang nantinya akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Salah satunya terutama bagi para pelamar yang berasal dari Kalimantan. Hal ini merupakan upaya dari pemerintah untuk memperkuat administrasi negara dan meningkatkan pelayanan publik di wilayah tersebut.

Keputusan untuk memprioritaskan rekrutmen CPNS dalam seleksi CASN ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa pemerintah memiliki aparatur sipil yang kompeten dan profesional dalam menjalankan tugasnya.

Selain itu, pengalihan sebagian formasi untuk IKN juga bertujuan untuk memperkuat kehadiran pemerintah di wilayah strategis tersebut.

BACA JUGA:Siapin Berkas! Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka 20 Agustus, Cek Jadwal Lengkapnya di Sini!

Pemerintah memahami pentingnya melibatkan sumber daya manusia yang terbaik dan berkualitas dalam penyelenggaraan administrasi negara.

Dengan adanya rekrutmen CPNS yang lebih terfokus dan selektif, diharapkan akan tercipta lingkungan birokrasi yang lebih efisien, transparan, dan berintegritas.

Bahkan kebijakan ini juga memberikan kesempatan yang lebih besar bagi masyarakat Kalimantan untuk berkontribusi dalam pelayanan publik di tingkat nasional, serta membuka peluang bagi mereka untuk berkembang dan berkarir di pemerintahan.

Hal ini sejalan dengan visi pemerintah untuk memberdayakan potensi daerah dan memperkuat unitary state Indonesia.

BACA JUGA:Kemenpan RB Sebut PPPK yang Mau Daftar Seleksi CPNS Boleh Tanpa Resign Dulu

Kategori :