Fix! Program Makan Bergizi Gratis Masuk RAPBN 2025, Segini Anggarannya

Jumat 16-08-2024,15:55 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Jokowi memastikan program Makan Bergizi Gratis (MBG) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masuk ke dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Jokowi mengatakan nantinya program tersebut akan memberdayakan UMKM.

BACA JUGA:Jokowi Pimpin Ratas RAPBN 2025 Jelang 78 Hari Pemerintahannya Berakhir, Waspadai Risiko Ekonomi Global

"Makan Bergizi Gratis (MBG) diarahkan untuk meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM, dan meningkatkan ekonomi masyarakat kecil di daerah," ujar Jokowi dalam sidang paripurna DPR, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

Nantinya, kata Jokowi, program ini akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan teknis lembaga yang menangani program tersebut.

BACA JUGA:Kreasi Makanan Bergizi dari Daun Kelor dan Telur, Cegah Stunting Sejak 1000 Hari Kehidupan Pertama

“Program Makan Bergizi Gratis dilakukan secara bertahap, diselaraskan dengan kesiapan teknis dan kelembagaan, serta tata kelola yang akuntabel,” lanjut Jokowi.

Meski demikian, Jokowi tidak menyebutkan secara detail terkait berapa anggarannya. Dia hanya menyiratkan bahwa anggaran ini akan dimuat pula dalam anggaran pendidikan yang dialokasikan sebesar Rp 722,6 triliun.

BACA JUGA:Cegah Stunting, TKN Fanta Resmikan Dapur Indonesia Maju dan Luncurkan Produk Makanan Bergizi

Program tersebut dirancang akan dilaksanakan secara bertahap. Penerima manfaat program tersebut merupakan murid sekolah segala tingkatan yaitu dari siswa prasekolah, sekolah dasar (SD/MI), sekolah menengah pertama (SMP/MTs), sekolah menengah atas (SMA/SMK/MA), dan pesantren pendidikan keagamaan.

 

 

Kategori :