MenPan RB Pastikan 60 Ribu Formasi CPNS yang Dibuka Agustus Bakal Ditempatkan di IKN

Sabtu 17-08-2024,06:25 WIB
Reporter : Candra Pratama
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas memastikan, bahwa 60 ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan disiapkan untuk ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Azwar Anas juga mengatakan, seluruh CPNS yang akan ditempatkan di IKN adalah mereka yang memiliki talenta dalam bidang digital dan multitasking.

"Tapi ada kurang lebih 60.000 formasi dari pemerintah pusat yang menempel di Kemnterian/Lembaga (K/L) akan (ditempatkan) ke IKN," ujarnya di Gedung DPR RI, pada Jumat, 16 Agustus 2024.

BACA JUGA:Pimpin Renungan Suci di TMPNU Kalibata, Wapres Ma'ruf Amin Ajak Bangsa Hormati Jasa Pahlawan

BACA JUGA:Di Depan Mahasiswa Untar, Kepala BKKBN Bicara soal Kecerdasan dan Skor IQ Masyarakat Indonesia

"Jadi misalnya di Kementerian Lembaga yang ada, yang mengusulkan itu nanti tinggal dipindah ke IKN. Di mana mereka anak-anak yang punya talenta digital dan multitasking," sambungnya.

Anas menyampaikan, jumlah formasi itu nantinya akan terdapat di beberapa instansi pusat KL.

Dia juga tidak merincikan lebih lanjut solah jumlah tersebut. Namun, Anas memastikan, kuantitas itu sudah termasuk kedalam 114.706 formasi CPNS yang akan dibuka pada bulan ini.

Tak berhenti di situ, Anas menerangkan, dari jumlah tersebut ada sekitar 5% atau 2000-an formasi akan disiapkan untuk untuk putra-putri Kalimantan lewat jalur afirmasi.

"(Dari 114 000), 60.000 ke IKN. Dan kita memberi afirmasi dari 60.000 itu 5% untuk Putra Putri Kalimantan. Supaya mereka punya kesempatan untuk mengabdi di IKN," imbuhnya.

BACA JUGA:Cak Imin Minta Komisi II DPR RI Turut Verifikasi Soal Pencatutan NIK di Pilkada Jakarta

BACA JUGA:Wasekjen PDIP Tak Penuhi Panggilan KPK Terkait Korupsi DJKA

Sehingga, lanjutnya, Putra-Putri Kalimantan tidak bersaing dengan fresh graduate dari Jawa yang selama ini mereka selalu sampaikan kepada pihaknya.

"Dan atas saran Presiden ada formasi berarti 5% kurang lebih 2.000-an nanti dari Putra Putri Kalimantan," tukasnya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah lewat Kementrian PAN-RB menginformasikan bahwa akan ada 250.407 formasi yang tersedia dalam seleksi CPNS yang dimulai pada 20 Agustys 2025.

Kategori :