PAFI Magetan Menjadi Wadah Pengembangan Profesi Ahli Farmasi Indonesia di Jawa Timur

Jumat 16-08-2024,10:00 WIB
Reporter : Tri Broto
Editor : Tri Broto

JAKARTA, DISWAY.ID- Kontribusi para ahli farmasi Indonesia terhadap masyarakat dalam bidang kesehatan masyarakat tercatat dalam sejarah kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Para ahli farmasi Indonesia itu turut membantu gerakan para pejuang sampai Presiden Ir Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Beberapa bulan kemudian, mereka mendirikan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) di Yogyakarta tepatnya pada 13 Februari 1946, kini menjadi pusat organisasi profesi itu. Sejak itu pula mereka ikut andil menata dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia di bidang kesehatan.

BACA JUGA:Peran Penting PAFI dalam Meningkatkan Kualitas SDM dan Pelayanan Farmasi di Indonesia

Selain tugas reguler, seluruh anggota PAFI turut serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia bidang farmasi dan produknya.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) merupakan organisasi profesi yang memiliki tujuan utama meningkatkan kualitas dan profesionalisme tenaga farmasi di Indonesia.

Organisasi PAFI berdiri dengan menjunjung tinggi azas Pancasila yang bersifat Kekaryaan dan Pengabdian.

PAFI kemudian berkembang hingga memasuki tahun 2024. Banyak cabang perwakilan PAFI di beberapa provinsi, kabupaten/kota. Salah satunya adalah PAFI Magetan.

PAFI Magetan didirikan sebagai bagian dari upaya memperkuat struktur organisasi dan memperluas jaringan profesi farmasi di tingkat daerah.

PAFI Magetan, sebagai salah satu cabang dari PAFI di tingkat kabupaten, memegang peranan penting dalam pengembangan dan pembinaan profesi farmasi di wilayahnya.

Dengan wilayah yang meliputi Kabupaten Magetan di Provinsi Jawa Timur, PAFI Magetan berkomitmen untuk mengakomodasi kebutuhan dan tantangan lokal dalam bidang farmasi.

Visi dan Misi PAFI Magetan

Visi PAFI Magetan adalah menjadi wadah yang efektif dan inovatif dalam peningkatan kualitas tenaga farmasi serta layanan kesehatan di Magetan.

Misi PAFI sendiri mereka mencakup empat hal, yakni :

1. Peningkatan Kualitas: Mengadakan pelatihan, seminar, dan workshop untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota.

Kategori :