Fakta Naskah Proklamasi Asli Sempat Dibuang, Diamankan Wartawan BM Diah Selama 48 Tahun

Minggu 18-08-2024,07:25 WIB
Reporter : Annisa Amalia Zahro
Editor : Khomsurijal W

FAKTA menarik dari peristiwa jelang kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya pada saat proses perumusan Naskah Proklamasi.

Naskah Proklamasi asli tersebut hampir hilang dari peradaban, karena tidak dianggap penting, sehingga sempat dibuang begitu saja.

Bermula ketika pada 16 Agustus 1945 malam, rombongan pejuang baik dari golongan muda maupun golongan tua berkumpul di rumah Perwira Angkatan Laut Jepang Laksamana Maeda.

BACA JUGA:Memahami Makna Sejarah Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Rumah Laksamada Maeda tersebut kini menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang memberikan gambaran proses perumusan Naskah Proklamasi yang dibacakan oleh Presiden Pertama RI Soekarno.

Kurator Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta Jaka Perbawa menjelaskan, proses persiapan hanya berlangsung selama 6 jam.

"Sejarah pertemuan yang hanya berlangsung 6 jam, itu ada terdapat 4 ruangan bersejarah," terang Jaka ketika ditemui di Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta, 16 Agustus 2024.

Keempat ruangan tersebut yakni ruang tamu, ruang makan, meja tempat mengetik, dan grand piano.

Para ruang tamu, sebanyak kurang lebih 50 tokoh perjuangan berunding dengan Maeda agar meminjamkan rumahnya untuk mempersiapkan kemerdekaan.

BACA JUGA:Tapak Tilas Perumusan Naskah Proklamasi Kenang Kembali Detik-detik Jelang Kemerdekaan

"Sebagai Perwira Angkatan Laut Jepang tentu tidak diizinkan, karena titah Kaisar Hirohito, Indonesia tidak bisa merdeka. Namun secara pribadi, beliau menyanggupi rumahnya sebagai tempat perumusan naskah proklamasi. Itu ruang pertama, ketika akhirnya diberikan izin, peristiwa selanjutnya terjadi di ruang makan," paparnya.

Di ruang makan, hanya sekitar enam orang, termasuk Soekarno, Moh. Hatta, dan Achmad Soebardjo yang berkumpul menyusun naskah dalam secarik kertas.

Setelah selesai menyusun, Naskah Proklamasi asli dibawa Bung Karno ke tokoh perjuangan lain untuk diminta persetujuan.

"Prinsipnya semua menyetujui, namun ada poin-poin yang dibahas, seperti siapa yang harus menandatangani itu dibahas di ruang ini," lanjutnya.

Setelah mendapatkan persetujuan dari para pejuang, dilakukanlah pengetikan Naskah Proklamasi yang berada di ruang kecil di bawah tangga.

Kategori :