Satgas Ops Damai Cartenz Tangkap DPO KKB Nduga Orang Kepercayaan Egianus Kogoya

Senin 19-08-2024,06:56 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Tim Gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap dan mengamankan DPO Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Nduga, Rife Kerebea, alias Erik, alias Trisna Telenggen, di Kabupaten Nduga, Papua Tengah, pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Penangkapan ini terjadi pada pukul 04.30 WIT.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Brigjen  Pol Faizal Ramadhani menjelaskan Rife Kerebea adalah anggota KKB Nduga yang dipimpin oleh Egianus Kogoya dan terlibat dalam berbagai aksi kriminal di Kabupaten Yahukimo dan Nduga.

“DPO KKB Nduga Rife Kerebea Alias Erik Alias Trisna Telenggen, merupakan KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya dan terlibat dalam sejumlah aksi kriminal yang terjadi di Kabupaten Yahukimo dan juga Kabupaten Nduga,” tutur Faizal dalam keterangannya pada Senin 19 Agustus 2024.

BACA JUGA:Layanan SIM Keliling di Jakarta Hari Ini 19 Agustus 2024, Buka di 5 Lokasi!

BACA JUGA:Cak Imin: PKB Koalisi dengan Gerindra, Bersatu Luruskan Ekonomi Berbasis Konstitusi

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Bayu Suseno menambahkan, penangkapan ini dilakukan berdasarkan laporan polisi LP/B/47/X/2023/SPKT/POLRES YAHUKIMO/POLDA PAPUA, tanggal 16 Oktober 2023, tentang pembunuhan masyarakat pendulang emas di Kali EI, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, serta Daftar Pencarian Orang (DPO) Nomor: DPO/30/XI/2023/Reskrim, tanggal 08 November 2023.

“DPO KKB Nduga Rife Kerebea Alias Erick Alias Trisna Telenggen kami tangkap berdasarkan laporan polisi yang telah terbit dan juga daftar pencarian orang (DPO),” terang Bayu Suseno.

Penangkapan ini dilakukan setelah Tim Gabungan TNI-Polri dari Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil mengetahui keberadaan DPO KKB tersebut di Kabupaten Nduga.

BACA JUGA:Kembali Berlaku! Ganjil Genap Jakarta Hari Ini 19 Agusus 2024, Tersebar di 25 Ruas Jalan

BACA JUGA:Mulan Jameela Prihatin Atas KDRT yang Menimpa Cut Intan, Siap Beri Perlindungan

Tim bergerak cepat pada pagi buta dan berhasil menangkap Rife Kerebea serta membawanya ke Posko Ops Damai Cartenz-2024 di Polres Nduga untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Bayu menyebut, Rife ternyata bekerja sebagai Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) di Desa Sagapu, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga.

Menurut Bayu, Rife Kerebea merupakan orang kepercayaan Egianus Kogoya.

Pelaku memiliki peran penting dalam KKB yang dipimpin Egianus.

Kategori :