10 Contoh Soal ANBK 2024 SMA-SMK Kelas 11 Literasi Lengkap Kunci Jawaban, Referensi Siswa untuk Belajar!

Selasa 20-08-2024,10:39 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, DISWAY.ID - Berikut adalah contoh soal ANBK 2024 kelas 11 SMA-SMK materi Literasi lengkap dengan jawabannya yang bisa dijadikan sebagai referensi oleh siswa.

Sebagai informasi, pelaksanaan  Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK SMA telah dimulai sejak Senin, 19 Agustus 2024.

Dalam pelaksanaannya tersebut terbagi menjadi tiga jenis materi asesmen yang diujikan, salah satunya adalah materi literasi.

BACA JUGA:10 Contoh Soal ANBK SMA 2024 Kelas 11 Numerasi dan Kunci Jawaban, Bahan Belajar untuk Siswa!

Secara umum, materi literasi ini akan menilai bagaimana siswa untuk memahami dan menggunakan berbagai jenis teks.

Hal ini termasuk sebagai kemampuan untuk membaca dengan baik, mengevaluasi informasi, dan merefleksikan isi dalam teks.

Nah, berikut adalah contoh soal ANBK SMA-SMK 2024 kelas 11 literasi yang bisa kamu pelajari, antara lain:

10 Contoh Soal ANBK 2024 SMA-SMK Kelas 11 Literasi

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-4

BACA JUGA:Jadwal Pelaksanaan ANBK 2024 SMA-SMK, Lengkap dengan Materi yang Diujikan

Makna Sebilah Bambu dalam Tari Bambu Gila

Tari Bambu Gila atau Baramasewel merupakan permainan sejak jaman penjajahan Portugis di masa lalu yang berasal dari Maluku. Tarian ini memang bernuansa mistis dengan melibatkan adanya roh halus yang akan menggerakkan sebatang bambu panjang yang dibawa oleh tujuh orang dewasa. Pada masyarakat Maluku yang masih tradisional, aura mistis dalam permainan bambu gila akan terasa sangat kental. Pasalnya, orang-orang yang boleh memainkan bambu gila bukanlah orang sembarangan, melainkan mereka yang sudah terpilih.

Tari Bambu Gila digunakan salah satunya sebagai pemindahan dan penarikan kapal dilakukan dengan bantuan Bambu Gila. Selain itu, pada masa peperangan, Bambu Gila digunakan untuk melawan musuh. Masyarakat Maluku juga menjadikan Bambu Gila sebagai bagian spiritual dan warisan budaya dari leluhurnya sebagai pertunjukan masyarakat Maluku sekaligus sebagai sarana dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Tetapi sekarang sudah mulai sebagai hiburan suatu acara, asalkan tidak menyalahi aturan dan normanya.

Semakin berkembangnya zaman tari Bulu Gila ini yang sudah dimodifikasi dalam gerakannya. Walaupun kehadiran Roh Halus ini adalah hal yang sangat menarik dari tarian ini, namun makna tarian ini bukanlah hal-hal gaib di dalam tarian. Sebenarnya, gerak para penari yang menahan gerakan magis bambu adalah sebuah simbol dari nilai kebersamaan yang harus tetap terjaga. Gerakan kaki yang serempak dan penuh dengan kekuatan menunjukkan semangat gotong royong dalam kehidupan rakyat Maluku yang disebut Masohi. Meskipun telah dilakukan hasil modifikasi, makna inilah yang tetap ada dan lebih ditonjolkan dalam tarian Bambu Gila, dan nilai-nilai inilah yang masih terbawa dalam tarian Bambu Gila.

BACA JUGA:Simak Kisi Kisi KSM 2024 Lengkap Semua Materi, Siswa Wajib Tahu!

Kategori :