10 Contoh Soal ANBK 2024 SMA-SMK Kelas 11 Literasi Lengkap Kunci Jawaban, Referensi Siswa untuk Belajar!

Selasa 20-08-2024,10:39 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

B. Sesuai. Karena warna pakaian pemain bambu gila menyatu dengan laut sehingga sesuai dengan isi teks.

C. Sesuai. Karena warna bambu terlihat menonjol dengan pakaian pemain yang berwarna merah.

Jawaban:

A (Benar)

B (Salah)

C (Benar)

4. Bacaan di atas dapat dikatakan berkualitas dibandingkan dengan teks-teks mengenai tarian Bambu Gila yang pernah kamu baca sebelumnya karena...

A. Paparan mengenai fungsi tarian Bambu Gila didapat dari ahlinya.

B. Ilustrasi yang disajikan sudah menggambarkan keseluruhan isi teks.

C. Penyajian informasi dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan.

D. Letak ilustrasi kurang relevan dengan isi bacaan.

Jawaban: B dan C

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 5-10

Lalat: Pesawat Jet Tempur Pengangkut Penyakit

Tahukah kamu, mengapa lalat susah ditangkap? Apa sajakah keunikan dari seekor lalat? Pertanyaan ini barangkali adalah satu dari sekian banyak misteri yang sempat menjadi teka-teki umat manusia selama ribuan tahun. Pada tahun 2014, para ilmuwan telah mengantongi jawaban atas pertanyaan itu. Para ilmuwan menyebut bahwa lalat memiliki sayap yang dapat merespons ancaman secepat jet tempur. Inilah kenapa kita sulit menangkapnya dan lalat tampak melesat sangat cepat.

Lalat memanfaatkan kekuatan aerodinamis dalam satu atau dua kepakan untuk mengubah arah dengan sangat cepat. Menurut para ilmuwan, gerakan lalat itu terjadi begitu cepat, hanya kurang dari seperseratus detik. Ahli menemukan bahwa saat lalat buah (Drosophila hydei) melarikan diri, mereka terbang berputar 90 derajat atau lebih, kadang-kadang terbang hampir terbalik tapi sangat terkontrol dan spesifik. Seekor lalat buah mengepakkan sayapnya 200 kali per detik selama penerbangan normal dan lebih cepat saat melarikan diri. Perbedaan kecil pada hentakan sayap menghasilkan gaya yang dibutuhkan lalat untuk melesat cepat.

Kategori :