10 Contoh Soal ANBK 2024 SMA-SMK Kelas 11 Literasi Lengkap Kunci Jawaban, Referensi Siswa untuk Belajar!

Selasa 20-08-2024,10:39 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

Tari Bulu atau Bambu Gila ini sebenarnya sudah cukup langka, sekalipun itu di Maluku sendiri. Hanya ada beberapa kampung yang mampu membawakan tarian ini secara otentik. Namun demikian, banyak sanggar tari di Maluku yang telah mempelajarinya dan mengambil intisari tarian ini untuk ditampilkan dalam bentuk yang lebih modern. Biasanya, tarian ini ditampilkan sebagai tari penyambutan tamu atau hiburan dalam berbagai acara formal. Bambu Gila adalah sebuah identitas masyarakat Maluku yang tidak akan ditemukan di belahan Nusantara lainnya. Lewat tarian ini, maka kita akan semakin yakin bahwa Indonesia itu memang kaya.

1. Kamu ingin mencari informasi mengenai tradisi Bambu Gila. Kata kunci yang sesuai untuk mencari informasi tersebut adalah...

A. Tarian mistis Maluku

B. Tarian adat Maluku

C. Tarian asal Maluku

D. Tari Bulu Maluku

Jawaban: A dan D

2. Semakin berkembangnya zaman, tari Bulu Gila ini sudah dimodifikasi dalam gerakannya. Apa yang menjadi penyebab perubahan atau modifikasi dari tarian Bulu Gila ini?

A. Keinginan masyarakat membuat tradisi yang sederhana.

B. Kelengkapan dalam tradisi bambu gila semakin langka.

C. Turunnya minat dalam bermain tradisi tari gila.

D. Pola pikir masyarakat yang semakin modern.

Jawaban: D

3. Penulis ingin menggambarkan Tari Bambu Gila atau Baramasewel.

Menurut kamu apakah warna pada ilustrasi di atas sudah sesuai dengan pesan yang disampaikan penulis. Pilihlah penyataan yang Benar atau Salah berdasarkan isi teks!

A. Sesuai. Karena warna pakaian para penari terlihat kontras dengan pengambilan gambar di siang hari.

Kategori :