Indonesia Gelar Bali International Airshow pada September 2024, Menko Luhut Undang Negara Sahabat

Selasa 20-08-2024,14:41 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Indonesia siap menjadi tuan rumah pameran kedirgantaraan internasional, Bali International Airshow (BIAS) 2024, pada 18-21 September 2024. 

BIAS 2024 diperkirakan akan dihadiri oleh 6.000 tamu dari 100 pemangku kepentingan sektor aviasi 35 negara, serta perwakilan-perwakilan pemerintah negara-negara di kawasan, dan menteri-menteri negara sahabat. 

BACA JUGA:Gelar Bali International Airshow 2024, Luhut: Kesempatan Bagi Kita Untuk Menarik Investor di Bidang Transportasi Udara

BACA JUGA:Kronologi Kecelakaan 2 Pesawat Bersejarah di Dallas Airshow, Tabrakan di Udara Langsung Keluar Asap Hitam

"Saya kira persiapan-persiapan Bali International Airshow 2024 sudah berjalan bagus dan cukup banyak yang akan hadir nanti di sana,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pada Jumpa Pers BIAS 2024 yang turut dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Senin, 19 Agustus 2024. 

Menko Luhut menambahkan, penyelenggaraan BIAS 2024 merupakan upaya pemerintah untuk menunjukkan potensi kedirgantaraan dan pertahanan udara Indonesia kepada dunia internasional. 

Selain itu, gelaran ini juga berpotensi meningkatkan investasi dan menjadi ajang kolaborasi bagi para pelaku industri di Indonesia. 

Ia juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Indonesia berencana meluncurkan Peta Jalan dan Rencana Aksi Nasional tentang Pengembangan Ekosistem Sustainable Aviation Fuels alias Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan pada ajang BIAS 2024. 

BACA JUGA:Peduli Kualitas Udara, Infomedia Tanam 1000 Pohon di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

BACA JUGA:Atasi Polusi, DLH DKI Jakarta Kerja Sama dengan dengan Clean Air Fund untuk Perbaikan Kualitas Udara

“Hal ini akan memastikan nilai tambah ekonomi bagi negara, menjaga ketahanan energi pada sektor transportasi udara, serta berkontribusi pada komitmen dekarbonisasi Indonesia,” tuturnya. 

Dalam kesempatan ini, Menko Luhut berterima kasih kepada negara-negara sahabat yang telah berkomitmen untuk mengirimkan armadanya pada sesi flying display dan static display di BIAS 2024, seperti Pemerintah Australia yang akan mengirimkan 2 pesawat tempur F35 serta Pemerintah Jerman yang akan mengirimkan pesawat angkut Airbus A400M. 

Menurutnya, hal ini membuktikan kolaborasi yang kuat antara Indonesia dengan berbagai negara mitra.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa Kemenhub sangat mendukung pelaksanaan BIAS 2024. 

BACA JUGA:Helikopter di Bali Jatuh Akibat Benang Layangan Usai 4 Menit Mengudara

Kategori :