Indonesia Gelar Bali International Airshow pada September 2024, Menko Luhut Undang Negara Sahabat

Selasa 20-08-2024,14:41 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : M. Ichsan

BACA JUGA:Wakil Menteri Palestina Al-Ghussein Tewas dalam Serangan Udara Israel

Ia juga memastikan, pelayanan transportasi udara di wilayah Bali akan tetap berjalan normal selama perhelatan berlangsung. 

“Berdasarkan pengalaman pada event-event internasional sebelumnya yang juga diadakan di Bali, seperti halnya saat G20, kami meyakini Bali International Airshow 2024 juga tak akan mengganggu lalu lintas penerbangan di wilayah Bali. Kami telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait dan memastikan bahwa layanan transportasi udara dari dan menuju Bali dapat tetap berlangsung aman dan lancar selama event berlangsung,” terang Menhub. 

Menhub mengutarakan selama gelaran tersebut, pihaknya akan selalu melakukan pemantauan bersama sejumlah pihak, seperti PT Angkasa Pura Indonesia, Airnav Indonesia, serta pihak ground handling, untuk memastikan kelancaran akses penerbangan di wilayah Bali. 

“Kepada maskapai yang jadwal terbangnya terdampak, ada baiknya segera lakukan sosialisasi dan mengimbau masyarakat untuk selalu memantau informasi yang disampaikan oleh maskapai maupun operator bandara,” jelasnya. 

BACA JUGA:DLH Jakarta Luncurkan Platform Pemantauan Kualitas Udara Terintegrasi

BACA JUGA:Kolaborasi Sharp dan IDI, Kampanyekan Udara Sehat di Indonesia

Sementara itu, Menhub juga menjelaskan sederet hal yang telah dilakukan oleh Kemenhub dalam rangka mendukung penyelenggaraan BIAS 2024. 

Beberapa di antaranya meliputi: Kemenhub telah mengeluarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara No. 4 DJPU Tahun 2024 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan Bali Airshow 2024 di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, serta telah menyusun Operational Guidance terkait Pengaturan Ruang Udara Selama Bali Airshow 2024 oleh Airnav bersama PT Inaro selaku pihak penyelenggara. 

Adapun dari sisi pelayanan lalu lintas penerbangan di wilayah Bali, Perum LPPNPI/Airnav Cabang Denpasar, telah mengeluarkan9 dua Notice to Airmen (NOTAM) terkait Bali Airshow 2024.

Pertama adalah NOTAM A2448/24 NOTAMN perihal Reservasi Ruang Udara untuk kegiatan Airshow pada area yang telah ditentukan serta NOTAM A2447/24 NOTAMN perihal pesawat diperkirakan delay karena kegiatan Airshow. 

Lebih lanjut, Menhub juga menyebutkan bahwa akan ada side event pada tanggal 17 September 2024 di Bali Nusa Dua Convention Center. 

Agendanya antara lain: Bali Regional Air and Space Power Forum 2024 yang diselenggarakan oleh Kemenkomarves dan TNI AU serta Asia Pasific Air Transport Forum 2024, di mana Kemenhub akan berpartisipasi sekaligus mengundang 9 Menteri dari kawasan Asean dan 8 Menteri dari kawasan Asia Pasific.

Kategori :