PSSI Sambut Marteen Paes, Akmal Marhali Ingatkan Timnas Indonesia Perbanyak Opsi Penjaga Gawang

Kamis 22-08-2024,16:59 WIB
Reporter : Dimas Rafi
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Marteen Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) langsung menyambut pemain naturalisasi Marteen Paes ini pada 18 Agustus 2024.

Seiring resminya Marteen Paes berstatus WNI dan menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Pengamat sepak bola Indonesia, Akmal Marhali mengingatkan posisi penjaga gawang.

BACA JUGA:Bek Ajax Amsterdam Tristan Gooijer, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ia berpendapat keputusan yang bijak bagi Timnas Indonesia untuk menambah kekuatan dalam pilihan di sektor penjaga gawang.

"Kedatangan Marteen Paes menambah pilihan di sektor penjaga gawang. Bahkan besar kemungkinan, kalau kemudian dia dinaturalisasi amat jarang sekali pemain dinaturalisasi hanya untuk di bangku cadangankan. Pastinya Marteen Paes menjadikan kiper utama," ungkap Akmal saat dihubungi Disway.Id di Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2024.

Menurutnya, Kiper yang ada yakni Ernando Ari tak harus berkecil hati dengan kedatangan Marteen Paes. Sebab, Ernando harus bisa membuktikan bahwa dirinya masih pantas untuk menjadi tembok terakhir Timnas Indonesia.

"Tapi ini tidak kemudian harus membuat Ernando Ari merasa putus asa atau merasa kehilangan posisi. Justru ini membuat Ernando Ari harus punya motivasi besar untuk bersaing dengan Marteen Paes mendapatkan posisi di kiper utama," ujarnya.

BACA JUGA:Mathew Baker Gabung ke Bali, Tambah Kekuatan Timnas Indonesia U-17

Akmal berharap akan adanya persaingan yang sehat bagi kedua penjaga gawang untuk mengisi slot menjadi kiper.

"Utamanya pelatih kiper bisa melihat secara objektif. Siapa pemain yang siap ditampilkan siapa yang tidak siap," harap Akmal.

Timnas Indonesia akan melakoni Kualifikasi putaran ketiga Piala Dunia 2026 menghadapi Saudi Arabia pada 6 September 2024.

Kondisi ini membuat pemain yang merumput di FC Dallas itu belum bisa melakukan debutnya, karena keterlambatan pendaftaran.

"Yang pasti untuk partai pertama melawan Arab Saudi, kemungkinan besar Ernando Ari masih menjadi kiper utama. Karena Marteen Paes terlambat didaftarkan, karena pendaftaran terakhir untuk macth pertama itu tanggal 6 Agustus," ucap Akmal.

BACA JUGA:Nova Arianto Fokus Olah Teknik Timnas Indonesia U-17 untuk Hadapi India 25-27 Agustus

Kategori :