Kemdikbudristek Dukung Festival Musikal Indonesia, Digelar 18-20 Oktober 2024

Minggu 25-08-2024,20:27 WIB
Reporter : Annisa Amalia Zahro
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Direktorat Perfilan, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengapresiasi serta mendukung Festival Musikal Indonesia.

Ajang kesenian ini diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta pada 18-20 Oktober 2024.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Event Jakarta Hari Ini 25 Agustus 2024, Banyak Pameran hingga Festival Kuliner

BACA JUGA:Sambut HUT ke-79 RI! Festival Rupiah Berdaulat Indonesia Hadir 16-18 Agustus 2024, Ada Pameran hingga Penukaran Uang

Dalam hal ini, pemerintah berkomitmen dan konsisten membangun ekosistem seni pertunjukan di Indonesia yang menjadi salah satu tonggak pemajuan kebudayaan.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ahmad Mahendra menyampaikan, seni pertunjukan, termasuk pentas musikal, yang mendapatkan dukungan langsung dari pemerintah dapat memacu generasi muda bangsa untuk menunjukkan kreativitas dan jiwa budaya mereka.

Sehingga, ia menilai perlunya gotong royong dan kolaborasi dengan pegiat maupun komunitas-komunitas yang ada di Indonesia untuk membangun dan merawat ekosistem seni pertunjukan nasional.

BACA JUGA:Upaya Kelestarian Lingkungan, Rangkaian Acara di Festival Like 2 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Berjalan Sukses

BACA JUGA:Dukung Gerakan Sekolah Sehat, Ratusan Orang Ikuti Festival Jalan Sehat dan Sarapan Bergizi

"Festival ini tidak hanya mementingkan pentas, tapi juga penonton, seniman baru, serta para pemangku kepentingan yang ada di dalamnya," ujar Mahendra, Selasa, 20 Agustus 2024.

Pihaknya berharap, festival ini dapat menjadi respons minat anak muda terhadap seni musikal yang secara langsung akan merangsang industri musik di Indonesia dengan menggali kekayaan budaya nusantara.

Di samping itu, salah satu kurator Festival Musikal Indonesia 2024, Josh Marcy mengatakan bahwa jumlah grup musikal yang mendaftar pada pergelaran tahun ini mengalami peningkatan.

BACA JUGA:Rundown The 90's Festival 2024 Day 2, Ada Dewa 19 hingga Suede Siap Guncang Gambir Expo!

BACA JUGA:Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 Buktikan Dampak Kebudayaan pada Pembangunan Nasional

"Sebanyak 76 grup musik dari seluruh Indonesia diketahui ikut mendaftar,” ungkap Josh.

Kategori :